Sukses

Canggih, Drone Ini Dapat Terbang dan Berenang

Dalam waktu dekat ini, drone juga dapat digunakan untuk berenang di dalam air, untuk membantu misi penyelamatan.

Citizen6, Jakarta Selama ini banyak orang yang beranggapan jika drone hanya dapat terbang di udara. Namun, dalam waktu dekat ini sepertinya drone juga dapat digunakan untuk berenang di dalam air, untuk membantu misi penyelamatan atau menemukan ranjau yang terdapat di dalam air.

The Rutgers University drone, baru-baru ini menerima hibah dari Office of Naval Research sebesar 618 ribu dolar untuk mengembangkan sebuah drone yang diklaim mampu berenang di dalam air. Drone tersebut dijuluki 'Naviator'.

Dailymail.co.uk

Drone ini nantinya juga akan dimanfaatkan untuk memantau penyebaran tumpahan minyak di lautan. Pengembang drone ini mengatakan, drone akan siap untuk dilakukan uji berenang di dalam air laut pada musim panas mendatang.

 

Pencipta Naviator, Javier Diez mengatakan, aplikasi yang paling penting memungkinkan drone tersebut melakukan misi dalam menemukan tambang bawah air maupun mencari korban kecelakaan yang hilang di laut. Selain itu, drone ini juga akan sangat membantu militer Angkatan Laut.

Dilansir Dailymail, Kamis (24/12/2015), Javier juga merupakan seorang profesor di Departemen Teknik Mesin dan Dirgantara. Ia telah telah bertahun-tahun mengembangkan konsep dengan bantuan sarjana dan mahasiswa. Konsep dari drone ini terinspirasi dari keterampilan beberapa hewan yang mampu terbang dan berenang.

“Unggas air masih lebih baik terbang dari berenang dan ikan terbang masih lebih baik di kolam daripada terbang. Perangkat kami mahir dua-duanya," tambah Javier.

(Soy/Ul)*

 

Penulis:

Soyid Prabowo

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.