Sukses

Libur Panjang 5 Destinasi Wisata di Medan Ini Wajib Kamu Kunjungi

Inilah beberapa tempat yang sering dikunjungi oleh para wisatawan yang hendak berkunjung ke Berastagi

Citizen6 Jakarta Berastagi adalah satu tempat wisata yang sangat populer di dataran tinggi Karo, Sumatra Utara. Karena berada pada ketinggian 1300 meter di atas permukaan laut daerah ini memiliki iklim yang sangat sejuk dengan suhu berkisar antara 16 sampai dengan 17° C. Dapat di bayangkan bukan? Kita seperti sedang berada di ruangan yang ber AC. Dengan pemandangan alamnya yang sangat indah dan udaranya yang masih asri akan membuat setiap orang yang berkunjung ke wilayah berastagi ini akan merasa nyaman. Uniknya, Berastagi diapit oleh 2 gunung berapi aktif yaitu Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung.

Sebagai daerah yang berada di dataran tinggi Karo yang subur ini, juga terkenal dengan hasil pertanian dan perkebunannya yang mengagumkan, sehingga menjadi pusat pasar sayur, bunga, dan buah-buahan. Karena akses menuju wilayah ini mudah dijangkau menjadikan obyek yang ada di dalamnya menjadi tujuan destinasi wisata bagi keluarga, teman pecinta alam, dan juga pacar untuk menghabiskan waktu liburan bersama. Dengan jarak tempuh sekitar 70 Kilometer dari kota Medan, kamu dapat sampai ke tempat ini kurang dari 2 jam. Kamu akan mendapati pemandangan yang elok dan disambut oleh pohon-pohon tua di sisi kanan dan kiri jalan. Dengan membayangkannya saja, saya ingin mengulangi liburan saya ke Berastagi lagi.

Inilah beberapa tempat yang sering dikunjungi oleh para wisatawan yang hendak  berkunjung ke Berastagi.

1. Bukit Gundaling

Gundaling yang berjarak kurang lebih 3 km dari pusat Kota Berastagi ini, memiliki ketinggian 1575 dari permukaan laut. Gundaling menjadi salah satu objek wisata pilihan bagi keluarga yang sedang ingin berekreasi. Dari atas bukit ini kamu dapat menikmati pemandangan menakjubkan dari Gunung Sinabung dan Sibayak sekaligus pemandangan alam kota Berastagi yang masih asri dan sejuk. Bahkan lebih asyik lagi jika mengelilingi bukit ini sambil menunggangi kuda sekaligus menghirup udara nya yang masih segar.

2. Buah Sayur, dan Bunga Berastagi

Biasanya, setiap pengunjung yang datang ke Berastagi akan selalu menyempatkan diri untuk berbelanja buah, sayur ataupun bunga di Pasar Berastagi ini. Pasar ini mudah didapati karena hanya berjarak beberapa puluh meter dari tugu Berastagi. Semua buah, sayur dan bunga yang di jual di pasar ini merupakan hasil dari para petani di daerah ini. Iklimnya yang dingin membuat buah dan sayuran tersebut tetap terasa segar. Warna buahnya pun cerah dan juga tidak berulat. Sudah dapat dipastikan bukan, bahwa kualitas buah dan sayuran tersebut sangat baik. Begitu juga dengan bunga-bunga yang dijual di pasar ini, sangat beragam dan cantik. Ditambah lagi dengan penjualnya yang menyambut anda denga senyuman dan keramahannya.

3. Danau Lau Kawar

Danau yang di kelilingi perbukitan hijau ini memiliki pemandangan yang sangat indah karena keberadaannya yang berada di bawah kaki Gunung Sinabung. Danau yang memiliki luas 200 hektar ini memberikan kesejukan dan keindahan yang membuat para pengunjungnya merasa betah dan ingin berlama-lama di tempat ini sambil menatap pemandangan eksotis dari Gunung Sinabung.

Kawasan perbukitannya yang hijau memberikan rasa segar dalam pandangan mata dan pikiran,oleh sebab itu danau ini sangat cocok bagi orang-orang yang sedang ingin merilekskan badan ataupun pikiran. Di salah satu sisi danau ini terdapat area camping ground, yang dimana para pendaki Gunung Sinabung biasanya mendirikan tendanya sebelum melakukan pendakian. Dan akses menuju lokasi ini dapat di tempuh dengan kendaraan bermotor ataupun mobil. Jadi juga sangat mudah bagi keluarga yang ingin menghabiskan waktu weekend nya bersama-sama sambil berkemah dan mengadakan acara barbeque.

4. Taman Alam Lumbini

Di taman ini terdapat Pagoda tertinggi di Indonesia yang merupakan replika dari Pagoda Shwedagon yang ada di Myanmar. Taman Alam Lumbini ini terletak di Desa Tongkoh, Kecamatan Dolatrayat, di kaki Gunung Sibayak.  Karena sebagai destinasi wisata religi yang bernuansa Buddha, tempat ini terasa sangat tenang dan damai ditambah lagi dengan keindahan arsitektur pagodanya yang bercatkan emas sehingga membuat Pagoda ini terpancar ke segala arah. Selain bangunan Pagoda yang megah, di taman yang berluaskan 3 hektar ini juga terdapat taman bunga yang sangat indah dengan pohon-pohon yang ada di sekelilingnya ditambah dengan patung-patung bikshu yang mempercantik taman ini. Dapat di bayangkan bukan? Suasananya membuat para pengunjung taman ini seperti sedang berada di luar negeri.

5. Air Terjun Sikulikap

Air terjun yang mempesona ini memiliki ketinggian 30 meter dan di kelilingi oleh hutan lebat pinus yang harum. Jarak kota Berastagi ke tempat ini kurang lebih 11 km, tepatnya air terjun ini berada di bawah wilayah Penatapan, perbatasan antara Karo dan Deliserdang. Lokasi ini dapat dicapai dengan menuruni anak tangga persis di perbatasan antara kedua kabupaten di atas. Dari tangga tersebut, kita harus berjalan kaki melintasi hutan yang berciri khas tropis ini sekitar 15 menit untuk mencapai tujuan.

Sesampainya di Air terjun ini, kita langsung disuguhkan dengan suasana alam yang masih sangat alami dan indah. Airnya yang begitu jernih dan segar sangat merayu para pengunjung obyek wisata ini untuk bermain air.Selain itu, masih banyak lagi obyek-obyek wisata yang terdapat di Berastagi seperti, Fundland Mickey Holiday, Museum Pusaka Karo, Gereja Inkulturatif Karo Santo Fransiskus Asisi, Desa Peceren, Pemandian Air Panas Sidebuk-debuk, Desa Lingga, Kebun Raya dan Holtikultura Tongkoh, Bukit Kubu, serta Rumah Gugung.

Memang hampir seluruh tempat yang ada di Kota Berastagi ini memiliki obyek yang menarik untuk dikunjungi. Apalagi bagi para photographer, daerah ini pasti menjadi pilihan yang baik untuk mengembangkan hobbynya, karena banyak sekali obyek-obyek yang menarik untuk diabadikan. Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk berkunjung ke sini? Nah, kalau anda tertarik berkunjung ke daerah ini jangan lupa ya untuk membawa jaket dan kaus kaki, karena udara disini sangat dingin. Itulah beberapa informasi wisata menarik yang ada di Berastagi.

Penulis:

Febi Eninta Br Munthe  (Mahasiswa Ilmu Komunikasi Undip)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini