Sukses

4 Tempat Ibadah Paling Unik di Dunia

Tempat-tempat ibadah berikut ini memiliki bentuk yang unik

Citizen6, Jakarta Tempat ibadah adalah sebuah lokasi yang sangat sakral dimana seseorang duduk berdiam diri di dalamnya dan bermunajat kepada Tuhannya. Hampir setiap agama di dunia ini memiliki tempat ibadah. Tempat ibadah ini kerap kali di gunakan sebagai tempat berdoa ataupun tempat perayaan sesuatu yang sangat sakral dalam agama tersebut.

Namun seiring dengan munculnya ilham atau hidayah yang mengataskanamakan Tuhan kerap kali tempat ibadah dibangun dengan cara yang tidak biasa bahkan bisa dikatakan terbilang unik. Contohnya seperti gereja yang dibangun dengan bentuk ayam/merpati di puncak bukit dekat candi Borobudur, Magelang Jawa Tengah yang kini mendunia setelah di liput oleh media ternama asal Inggris.

Berikut adalah empat tempat ibadah dengan bentuk paling unik di dunia, salah satunya ada di Indonesia :

1. Masjid Nusrat Jahan

Bila satu waktu nanti anda mempunyai kesempatan menyambangi Ibu Kota Kopenhagen di Denmark, sempatkanlah mampir di sebuah Masjid bernama Nusrat Jahan di Hvidovre, sebauh daerah sub-urban di Copenhagen. Masjid berkubah seperti jamur ini diketahaui adalah masjid dari penganut ajaran Islam beraliran Ahmadiyah. Dari pelbagai masjid yang sudah dibangun oleh para pengikut Ahmadiyah, ini tempat ibadah yang paling terkenal. Masjid berbentuk unik itu telah dibangun sejak 1967.

2. Gereja Ayam Magelang

Surat kabar Inggris ternama di Inggris the Daily Mail, melaporkan keberadaan gereja berbentuk aneh di Magelang, Jawa Tengah. Wujud bangunan yang tidak dicat ini menyerupai sosok ayam memakai mahkota. Di dalam gereja jangan harap ada bangku atau altar. Hanya ada pilar dan tanah kosong tidak terawat.

Lokasi gereja ayam ini agak sulit ditemukan tanpa bertanya pada warga setempat. Letak persisnya ada di bukit Dusun Gombong, Desa Kembanglimus. Jarak gereja unik ini sekitar 2,5 kilometer dari Candi Borobudur. Orang di balik gereja nyentrik tersebut adalah Daniel Alamsjah. Pria yang kini berusia 67 itu adalah pengusaha asal Jakarta.

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.