Sukses

MEA 2016, Persiapkan Dirimu dengan Tips-tips Ini

Tak perlu takut menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN tahun ini. Dengan tips berikut, Anda bisa bersaing dengan tenaga kerja dari negara lain

Citizen6, Jakarta Tahun 2016 ini, Indonesia dan Negara Asia Tenggara lainnya sudah memasuki masa MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Era MEA maksudnya segala kegiatan ekonomi seperti ekspor dan impor barang, investasi, arus jasa, bebas di kalangan negara ASEAN.

Orang Indonesia tidak lagi bersaing hanya dengan orang Indonesia, tapi juga bersaing dengan negara ASEAN lainnya. Orang dari negara ASEAN bebas melamar pekerjaan di Indonesia, begitu juga orang Indonesia yang juga bebas melamar pekerjaan di negara ASEAN. Untuk itu perlu dipersiapkan keahlian soft skill dan hard skill.

Inilah tips mempersiapkan diri untuk menghadapi MEA 2016 :

1. Bahasa Asing

Bahasa asing bukan hanya bahasa Inggris. Dan dapat berbahasa Inggris itu adalah hal yang biasa, malah selain bisa bahasa Indonesia dan daerah, kamu juga harus menguasai bahasa Inggris. Selain bahasa Inggris, kamu juga harus belajar bahasa Jerman, Spanyol, Perancis, Mandarin, dan bahasa lainnya.

2. Negosiasi dan Mediasi

Negosiasi dan mediasi tidak akan diajarkan dalam pelajaran di sekolah. Kamu harus bisa mempelajarinya sendiri, salah satunya dengan mengikuti organisasi atau ekstrakurikuler di sekolah. Pastilah dalam organisasi, ada situasi dimana kamu harus bisa bernegosiasi dengan pihak lain.

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini