Sukses

9 Efek Bra yang Memengaruhi Kesehatan Anda

Tanpa disadari, bra memengaruhi kesehatan Anda dari hari ke hari. Berikut hal-hal berbahaya yang dapat dilakukan oleh bra kepada Anda

Citizen6, Jakarta Semakin hari, semakin banyak penilitian yang memaparkan bahayanya memakai bra terlalu lama. Bahkan, jika ditanyakan langsung kepada kaum wanita, sebagian besar mengakui kalau memakai bra sesungguhnya tidak nyaman.

Namun tahukah Anda, bra ternyata dapat lebih jahat dari itu. Berikut beberapa cara bra memengaruhi kesehatan Anda tanpa Anda sadari seperti dikutip dari Storypick, Selasa (12/2016).

1. Mayoritas wanita mengenakan ukuran bra yang salah

Begitu banyak merek. Dan ukuran bra berbeda untuk tiap merek. Jadi sebenarnya tidak ada satu ukuran pun yang benar-benar pas untuk Anda kenakan. Juga, ukuran payudara berfluktuasi alias berubah-ubah.

Yang dapat Anda lakukan adalah mengukur diri Anda sendiri setiap kali sebelum membeli bra. Dengan cara itu, Anda dapat menghindari membeli bra dengan ukuran yang salah.

2. Bra dapat memengaruhi sistem limfatik

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Bristol, bra ternyata dapat memengaruhi sistem saraf limfatik yang berfungsi mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Jika racun tidak dibuang, racun akan disalurkan ke kelenjar susu yang dapat menimbulkan kanker.

3. Bra dapat sebabkan masalah pernapasan

Bra yang tidak pas hanya akan memberikan tekanan pada tulang dan otot Anda. Selanjutnya, hal ini akan menyebabkan masalah pernapasan. Oh, Anda sering mengalaminya bukan?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memengaruhi sistem pencernaan

4. Bra dapat memengaruhi sistem pencernaan

Bra yang terlalu ketat menempatkan tekanan lebih banyak pada diafragma. Hal tersebut akan memengaruhi proses pencernaan Anda.

5. Menyebabkan ruam dan memar di kulit

Terasa familiar? Jangan malah membiarkannya begitu saja. Bila Anda membiarkan ruam dan memar akibat bra yang terlalu ketat atau tidak pas, bukan tidak mungkin infeksi jamur akan terjadi di daerah tersebut.

6. Sebabkan kerusakan jaringan kelenjar susu

Dorongan konstan yang menekan payudara ke dalam dapat berbahaya. Karena terus-menerus menekan ke arah tulang rusuk, payudara bisa terluka. Hal itu juga dapat menyebabkan kerusakan jaringan kelenjar susu.

7. Tidur mengenakan bra tak membuat payudara makin kencang

Anjuran mengenakan bra saat tidur adalah nasehat yang salah. Sebaliknya, sangat disarankan untuk tidur tanpa mengenakan pakaian dalam Anda. Mengenakan bra saat tidur hanya akan membuat lecet kulit karena bra yang tergeser-geser saat tidur.

8. Bra dapat membuat payudara kendur

Meski belum ada bukti secara spesifik, namun para ahli menganjurkan untuk tidak mengenakan bra sepanjang waktu. Dianjurkan untuk tidak mengenakan bra lebih dari 12 jam.

9. Semakin lama mengenakan bra, semakin tinggi kemungkinan kanker payudara

Dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi peningkatan secara signifikan kasus kanker payudara. Sebuah studi Perancir memaparkan bahwa memakai bra terlalu lama dapat meningkatkan peluang untuk risiko kanker payudara. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.