Sukses

21 Langkah Sederhana yang Memudahkan Hidup

Hidup menyenangkan dan membahagiakan setiap hari tentu keinginan banyak orang.

Citizen6, Jakarta Orang dewasa kadang berpikir lebih rumit tentang hidup. Banyak yang merasa merasa hidupnya sulit dan berpikir hidup itu tidak adil. Padahal belum tentu juga.

Ini berbeda dengan ketika kita masih anak-anak. Sewaktu masih bocah, hidup selalu cerita dan sangat sederhana, tidak rumit.  Nah agar hidup kita kembali sederhana dan terus menyenangkan seperti pada masa bocah, berikut 33 hal yang bisa dilakukan.

1. Berbicaralah dengan orang-orang yang ada di sekitar untuk menyampaikan maksud atau keinginan kamu, jadi kita tak perlu saling menebak pemikiran orang lain. Jangan lupa ketika bertanya harus disertai dengan senyum.

2. Kamu saat ini pasti punya pertemanan. Hargailah bentuk persahabatan yang telah kita jalin sejak lama dan teruslah membangun networking ini dengan semua orang tanpa melihat status dan lainnya. 

3. Mengubah mindset bahwa setiap orang itu unik, setiap orang itu mempunyai keistimewaan yang tidak kita punyai. Terimalah mereka dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

4. Menerima kenyataan bahwa kita juga mempunyai ketidaksempurnaan. Setiap orang punya batas. Jangan pernah bertanya mengapa, tapi mengapa tidak? 

5. Segera lupakan apa yang orang lain pikirkan tentang kita, apalagi yang menyangkut keburukan dan kekurangan kita. Mungkin mereka saja sudah melupakan. 

6. Jika ingin menangis, menangislah. Menangis bukan berarti kita lemah. 

7. Perlakukan orang lain seperti kamu ingin diperlakukan; berikan apa yang kamu ingin terima. Penuhi lebih dari apa yang kamu janjikan.

8. Berhentilah berusaha menyenangkan semua orang. Karena hanya badut yang bisa melakukan itu. 

9. Tidurlah ketika merasa lelah, tak perlu begadang jika memang tak ada manfaatnya. Bangunlah sepagi mungkin agar bisa menikmati ketenangan pagi yang masih bersih udaranya. 

10. Tak perlu menelan mentah-mentah semua penilaian orang atas apa yang kamu perbuat. Kamu tak bisa mendrive persepsi orang atas diri kita.

11. Pilihlah makanan sehat, namun juga tak perlu over selektif saat memilih makanan. Sekali-sekali makan junk food tak apa jika itu membuatmu senang. 

12. Makanlah hanya saat kamu lapar, bukan karena sedang marah, sedih atau sedang bosan.

13. Berolahraga secara teratur. Seperti hal lain olahraga perlu latihan konsisten untuk memperoleh tubuh dan jiwa yang sehat.

14. Merasa cukup. Puaslah dengan apa-apa yang telah kita miliki. Belilah apa-apa yang memang dibutuhkan, bukan yang kamu inginkan karena keinginan tak ada batasnya. 

15. Klise tapi tetap relevan: jadilah diri sendiri. Kamu tak perlu memiliki sesuatu hanya karena orang-orang disekelilingmu mempunyainya. 

16. Jujurlah pada diri sendiri dan tidak berbohong kepada orang lain. Termasuk dalam bersosial media seperti di Twitter dan Facebook.

17. Jangan takut mengekspresikan perasaan cintamu kepada orang-orang yang kamu sayangi. Bisa secara langsung atau dengan memberikan sesuatu yang membuatnya surprise.

18. Jika sedang marah, ekspresikan. Yang tak boleh adalah dengan menyakiti perasaan atau isik orang lain di sekitarmu. Cara terbaik untuk mengekspresikan kemarahan adalah menuliskannya atau mengatur pernapasan.

19. Sebaiknya tak perlu berdebat untuk memenangkan "pertempuran", diskusikan baik-baik dengan alasan.

20. Sederhana: mintalah maaf ketika melakukan kesalahan dan selalu ucapkan terimakasih saat dibantu

21. Mencoba hal-hal baru. Karena yang konsisten itu adalah perubahan itu sendiri.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini