Sukses

Mengungkap Fakta Unik Tentang Nanas

Buah bersisik ini pernah dihargai 8.000 dollar AS. Bagaimana bisa semahal itu? Simak artikel berikut ini.

Citizen6, Jakarta Buah bersisik ini umum dikonsumsi sebagai buah potong atau diolah menjadi selai. Mempunyai nama ilmiah Ananas comosus (L.) Merr. , buah berwana kuning terang ini dinamai ‘Ananas‘ dalam bahasa Hindi, ‘Anasi Pazham‘ dalam bahasa Tamil, dan 'nenas', atau 'ananas' di pulau Jawa dan Sumatera. Tercatat provinsi Lampung menjadi daerah pertanian nanas terluas di Indonesia yang dilengkap dengan pengolahan buah nanas menjadi kemasan kaleng dan diekspor ke berbagai negara.

Jika saat ini nanas merupakan buah yang umum dikonsumsi, hal yang berbeda terjadi di era 1700-an. Buah bercita rasa asam manis tersebut merupakan simbol kekayaan dan kekuatan. Buah asli dari Amerika Selatan ini merupakan tanaman asli penduduk Indian dimana ladang tempatnya tumbuh dijaga ketat. Adalah Christopher Columbus, petualang asal Spanyol, menjadi orang asing pertama yang membawanya menyebar ke seluruh dunia. Sifat tanamannya mudah tumbuh membuatnya cocok dibudidayakan dari benua Asia hingga Eropa.

Buah bersisik ini pernah dihargai 8.000 dollar AS. Bagaimana bisa semahal itu? Simak artikelnya berikut ini.

(Mh)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.