Sukses

35 Restoran Ini Terbukti Pakai Opium untuk Menarik Pelanggan

Setiap penjual pasti ingin memperoleh untung besar. Banyak cara dan strategi dilakukan agar pelanggan selalu datang kembali.

Citizen6, Jakarta Setiap penjual pasti ingin memperoleh untung besar. Banyak cara dan strategi dilakukan agar pelanggannya selalu datang kembali. Misalnya, pedagang makanan akan membuat menu-menu makanan enak untuk menarik pelanggan. Selain itu, pedangan juga membuat strategi lain yang bisa menarik pelanggan baru.

Namun apa yang dilakukan oleh 35 restoran di China ini sungguh keterlaluan. Untuk menarik pelanggan, pihak restoran menambahkan bumbu opium ke dalam resepnya.

Setiap penjual pasti ingin memperoleh untung besar. Banyak cara dan strategi dilakukan agar pelanggannya selalu datang lagi.

Seperti dilaporkan China Daily yang dilansir Shanghaiist.com Sabtu, (23/1/2016) karena persaingan yang begitu ketat, restoran tersebut terpaksa melakukan cara-cara ilegal dalam menarik pelanggannya.

Menu yang biasa dibumbui opium adalah mi dan menu yang berbahan dasar udang. Ulah nakal para pemilik restoran ini terbongkar setelah polisi melakukan penggerebekan terhadap 25 restoran. Sementara 10 restoran lainnya terbukti memakai opium setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan meneliti menu yang disajikan.

Salah satu lokasi restoran yang memakai opium terdapat di wilayah Beijing yang begitu terkenal dengan menu lobster pedasnya. Setiap hari deretan antrean pelanggan mengular di sini. Sekarang orang-orang menyadari kenapa banyak pelanggan selalu datang kembali.

China memiliki hukum yang tegas. Siapa pun yang menambahkan atau mencampur bubuk opium ke dalam makanan, tidak peduli seberapa banyak dan sedikit, akan tetap dihukum berat. 

Kejadian ini sebenarnya bukan yang pertama. Pada tahun 2014, sebuah restoran di Shanghai juga terbongkar melakukan praktik yang sama. Mereka menambahkan opium ke dalam hidangan lobster khusus dan hidangan laut lainnya. Pemilik restoran ditangkap dan dijatuhi hukuman penjara selama 3,5 tahun.

Selezat apa makanan yang dibumbui opium? Kamu penasaran?

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini