Sukses

Demi Kekasih, Pria Ini Membelah Bukit Batu Selama 22 Tahun

Mewujudkan pesan mendiang istri tercintanya, pria ini membelah bukit batu cadas selama 22 tahun dengan tangan dan alat seadanya.

Citizen6, Jakarta Cinta bisa membuat orang untuk berbuat segalanya. Ungkapan yang tepat ditujukan kepada pria berumur 73 tahun dari India ini. Adalah Dashrath Manjhi yang selama 22 tahun membelah bukit batu demi mewujudkan pesan terakhir mendiang istri tercintanya.

Kisah luar biasa yang bermula saat Dashrath Manjhi kembali dari perantauan dan bekerja di pertambangan batu bara. Di desa kelahirannya, ia menikah dengan Phalguni Devi. Pasangan muda ini membangun tempat tinggal di kaki bukit batu Gehlour.

Desa tempat mereka tinggal memang berada di kaki Bukit Gehlour yang dikelilingi perbukitan batu cadas. Terisolasi dari desa sekitar, warga desa harus mendaki bukit batu setinggi 25 meter untuk menjangkau desa lain. Dashrath Manjhi meneruskan pekerjaannya sebagai penambang batu di pertambangan sisi lain Bukit Gehlour.

Tragis, istrinya terjatuh saat mengantarkan makan siang untuknya. Kemiskinan membuatnya tidak mampu memberikan perawatan pengobatan yang layak buat sang istri. Untuk menjangkau klinik kesehatan terdekat, ia mesti melalui perjuangan berat mendaki bukit batu Gehlour.

Menjelang ajal, sang istri berpesan agar kejadiannya yang menimpa dirinya cukup yang terakhir dialami oleh warga desa. Phalguni Devi meninggal dunia akibat luka parah terpeleset saat mendaki bukit batu Gehlor. Dashrath Manjhi begitu terpukul atas kematian istrinya.

Bagaimana kisah Dashrath Manjhi mewujudkan pesan mendiang istrinya? Bagaimana caranya tanpa alat memadai sanggup membelah bukit batu cadas? Simak selanjutnya di artikel berikut ini.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini