Sukses

2 Sineas Indonesia Melenggang ke Festival Film Internasional

Dua sutradara wanita Indonesia melenggang ke dua festival film berskala internasional.

Citizen6, Jakarta Sutradara wanita Indonesia, Nan Triveni Achnas terpilih sebagai juri di Festival Internasional Sinema Asia ke-22 yang diselenggarakan di Kota Vesoul, Prancis, pada 3-10 Februari 2016.

Festival Internasional Sinema Asia (FICA) merupakan festival film tertua di Eropa yang berfokus pada sinema Asia. FICA dihadiri oleh lebih dari 30.000 pengunjung tiap tahunnya dan menayangkan 90 film berkualitas yang diproduksi di Asia.

Nan Triveni Achnas telah menyutradarai beberapa film yang didukung Fonds Sud Cinema, program bantuan dana untuk film-film panjang terpilih asal Afrika, Amerika Latin, Asia Timur Dekat, dan Timur Tengah. Salah satu film Achnas yang menerima bantuan tersebut, yakni The Photograph.

Di FICA tahun ini, Achnas akan bersanding dengan sutradara-sutradara Asia lainnya sebagai tim juri yang terdiri dari Im Song Soo (Korea), Mania Akbari (Iran), dan Euthana Mukdasanit (Thailand). Bersama mereka bertiga, Achnas bertugas memilih tiga film terbaik untuk tiga penghargaan di ajang prestisius itu.

Di waktu yang tak jauh berbeda, sutradara muda Monica Vanessa Tedja dan produser Astrid Saerong bertolak menuju Clermont-Ferrand, Prancis pada 5-13 Februari 2016.

Keduanya mendapat kesempatan berpartisipasi di Festival Film Pendek Internasional ke-38 karena memenangi Kompetisi Film Pendek Festival Sinema Prancis 2015. Film pendek mereka, Sleep Tight Maria, mengangkat isu seksualitas perempuan yang sering kali diredam dan dianggap tabu karena kultur masyarakat yang patriarki.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.