Sukses

Ini Alasan Mengapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Global

Citizen6, Jakarta Jika ditilik ke belakang, berapa lama Anda mempelajari bahasa Inggris di bangku sekolah? Semenjak sekolah dasar hingga universitas selalu ada jam pelajaran tentang bahasa Inggris. Pun demikian bila bepergian keluar negeri, mulai dari penunjuk jalan hingga daftar menu di restoran kebanyakan ditulis menggunakan bahasa Inggris. Lalu mengapa bahasa Inggris menjadi bahasa yang digunakan global?

Sebenarnya sejak era Romawi Kuno, manusia menyadari diperlukan satu bahasa umum yang bisa dimengerti oleh banyak orang. Bahasa umum yang dimengerti banyak orang tersebut mendapat istilah kata lingua franca. Dalam sejarahnya sendiri, lingua franca, sempat berganti-ganti tiap masanya. Pun demikian dengan bahasa Inggris, diperlukan kurun waktu panjang untuk menjadi lingua franca.

Dilansir dari BBC, terdapat dua faktor yang mempengaruhi bagaimana bahasa Inggris bisa menjadi bahasa global. Yang pertama adalah praktek kolonialisme kerajaan Inggris. Setelah era revolusi industri, tercatat kerajaan Inggris menjadi negara dengan teknologi dan militer paling maju di dunia. Keadaan ini membuat Inggris menjadi negara dengan jumlah wilayah jajahan terluas dan menjadikan bahasanya paling banyak digunakan di dunia.

Lalu apa faktor apa lagi yang membuat bahasa Inggris menjadi bahasa global? Simak di artikel berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini