Sukses

5 Agama Populer yang Mungkin Tak Pernah Kita Dengar

Ada begitu banyak keyakinan dan agama di dunia dengan segala keunikannya.Dari banyak

Citizen6, Jakarta Ada begitu banyak keyakinan dan agama di dunia dengan segala keunikannya. Beberapa agama berikut ini cukup populer, namun mungkin kita jarang mendengar namanya. Seperti dilansir dari mobilikes, di antaranya adalah:

1. Jainisme

Jainisme pertama kali muncul di India sekitar 2500 tahun yang lalu. Sampai hari ini keyakinan tersebut masih eksis dengan pengikut empat juta pengikut. Jainisme bersifat politeistik yang mengakui beberapa dewa dengan urutan yang agak rumit.Inti dari ajaran ini cukup sederhana namun sangat berat untuk dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari yakni tak boleh membahayakan atau menyakiti makhluk hidup yang ada di dunia.

Ada 3 prinsip utama yang ditekankan dalam ajaran ini: non kekerasan, non absolutisme dan non-posesif.

Non kekerasan atau ahimsa. Tampaknya banyak agama yang menekankan pengikutnya untuk tidak melakukan kekerasan. Namun pada pengikut Jainisme, mempunyai porsi yang lebih, termasuk tidak membunuh tanaman.

Non absolutisme, pengikut ajaran ini selalu menekankan adanya pemikiran yang terbuka. Mereka sangat menghormati pluralisme. Mereka mengakui bahwa kebenaran yang sebenarnya bisa dirasakan berbeda oleh orang yang berbeda pula.

Yang ketiga, non-posesif. Pada dasarnya tiap penganut Jainisme tak boleh berlebihan dalam segala hal dan tidak materialistis. Karena ha ini dianggap berbahaya.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Aladura

2. Aladura

"Aladura" adalah kata dalam bahasa Afrika Barat yang artinya adalah orang berdoa. Agama ini relatif baru, didirikan pada tahun 1918 di Nigeria. Sampai hari ini ada sekitar satu juta orang pengikutnya.

Pengikut keyakinan ini mempunyai ritual berdoa bersama-sama untuk menyembuhkan penyakit. Hal ini terkait dengan asal usul keyakinan ini dengan epidemi influenza tahun 1918. Penyembuhan Ilahi melalui doa dilakukan untuk melawan penyakit yang saat itu mewabah.

Ritual penyembuhan ini dilakukan dengan metode tertentu, biasanya sang penyembuh memakai tongkat dan jubah saat melakukan penyembuhan.  

3 dari 5 halaman

Caodaism

3. Caodaism

Caodaism adalah agama monoteistik, yang mengakui satu Tuhan.  Cao Dai, adalah pencipta alam semesta. Hanya untuk kepentingan itu, nama lengkap untuk Allah ini adalah "Cao Dai Tiên Ong Dại Bo Tat Ma Ha tat" yang kira-kira artinya Yang mahakuat dan maha hidup. 

Caodaism mempunyai prinsip yin dan yang yang dijadikan simbol sebagai sifat maskulin dan feminin.

Caodaism muncul pertama kali  di Vietnam pada tahun 1926. Agama ini menggabungkan berbagai berbagai ajaran termasuk Konfusianisme, Taoisme, Buddhisme, dan Katolik. Uniknya, meski mereka mengakui adanya satu Tuhan, mereka juga memberi penghormatan kepada orang-orang yang dianggap suci, misalnya Julius Caesar.

Salah satu tujuan pengikut keyakinan ini ingin menciptakan dunia yang lebih toleran. Mereka meyakini semua makhluk hidup sebagai keturunan ilahi.  

4 dari 5 halaman

Unification Church

 4. Unification Church

Agama ini bisa dikatakan terbentuk belum lama, tahun 1954. Didirikan di Korea Selatan, Unification Church memiliki keunnikan tersendiri. Sampai hari ini ada sekitar tiga juta pengikut yang tersebar di luar Korea Selatan dan ke Jepang dan Filipina.

Mereka memuja Sun Myung Moon, sebagai Mesias mereka. Para pengikutnya menjalani hidup dengan doktrin yang dikenal sebagai "Prinsip Ilahi". Moon meninggal pada bulan September 2012, dan gereja sekarang dipimpin oleh Hak Ja Han.

 

5 dari 5 halaman

Falun Gong

5. Falun Gong

Falun Gong adalah agama yang baru-baru ini berkembang. Falun Gong didirikan pada 1992 di China oleh Li Hongzhi. Agama ini menggabungkan unsur-unsur Buddhisme, Taoisme, dan Konfusianisme dengan cerita rakyat tradisional Cina. Menurut pendirinya tujuan dari Falun Gong adalah untuk mencapai pembaharuan mental dan spiritual melalui meditasi.

Untuk membangun energi postif dan menyingkirkan yang negatif dari penyakit fisik dan spiritual, pengikut Falun Gong melakukan latihan khusus yakni meditasi.

Di Cina, Falun Gong telah dianggap sebagai sekte yang berbahaya.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini