Sukses

Inilah Jembatan Besi Pertama di Dunia

Pada abad ke-18 Inggris memasuki era Revolusi Industri dan Kota Telford merupakan salah satu tempat lahirnya revolusi industri di Inggris.

Citizen6, Jakarta Pada abad ke-18 Inggris memasuki era Revolusi Industri dan Kota Telford merupakan salah satu tempat lahirnya revolusi industri di Inggris. Jejak tersebut ditandai dengan berdirinya jembatan besi cor pertama di Inggris. Sekaligus merupakan jembatan besi cor pertama di dunia.

Pembangunan kaki jembatan bermaterialkan batu dimulai pada tahun 1777-1778. Kemudian, pemasangan rusuk besi penyangga jembatan dilakukan pada tahun 1779. Di tahun ini pula jembatan baru inipun membentang di atas sungai.

Setelah sempurna, barulah pada tanggal 1 Januari 1781 jembatan besi ini mulai beroperasi. Awalnya jembatan yang melintasi sungai Savern ini berfungsi sebagai penghubung dua desa yang sibuk di jaman revolusi industri pada waktu itu.

Menurut catatan sejarah, konon pembangunan Iron Bridge menelan biaya lebih dari £6.000 (Itu tahun 1777-1781. Entah berapa jika dikonversikan ke dalam nilai pounsterling sekarang).Semoga artikelnya segera mejeng di Blog Keren Citizen6 yang keren ;)

Selengkapnya

Pengirim:

Rosi Meilani,

Worcester Inggris.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini