Sukses

Melihat Gempa Hari Ini di Selatan Taiwan dari Sisi Ilmiah

Citizen6, Jakarta Menurut USGS, pada tanggal 6 Februari 2016 pukul 02:57:27 WIB, telah terjadi gempa Taiwan, tepatnya di bagian selatan Taiwan. Gempa tersebut dicatat memiliki magnitudo sebesar 6,4 Mw (magnitudo momen) dengan episenter berada di koordinat 22.871° LU, 120.668° BT dengan kedalaman sumber gempa 23 km.

Menurut informasi yang dihimpun dari beberapa media masa, gempa tersebut telah menyebabkan robohnya bangunan di kota Tainan. Kota Tainan sendiri berada lebih kurang 30 Km dari sumber gempa bumi namun memiliki efek kerusakan yang cukup parah. Bagaiman ini bisa terjadi? Mari kita pelajari sama-sama.

Kepulauan Taiwan duduk di antara pertemuan lempeng Eurasia dengan Lempeng Philipina. Pada sisi Timur kepulauan Taiwan, terdapat Lempeng Philipina (lempeng samudra) yang bersubduksi ke bawah lempeng Eurasia (lempeng benua).

Pada bagian Selatan dan Tenggara terdapat zona tumbukan antara lempeng Eurasia dengan dengan busur magmatik Luzon yang diperkirakan sudah berumur 6,5 juta tahun lalu. Zona tumbukan ini telah menghasilkan deretan pergunungan disisi Timur Taiwan. Sumber gempa yang terjadi pada 6 Februari 2016 ini saya duga terjadi akibat interaksi zona tumbukan ini.

Selengkapnya

Pengirim:

Ibnu Rusydy 

Twitter: @melek_bencana 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini