Sukses

14 Fakta Unik Terkait Tahun Baru Cina yang Perlu Anda Ketahui

Citizen6, Jakarta Tahun Baru Imlek kali ini jatuh pada tanggal 08 Februari 2016. Tahun 2016 disebut-sebut sebagai tahun Monyet. Dalam kalender Cina dipercaya bahwa setiap shio memiliki karakteristik sendiri. Tahukah Anda ada beberapa fakta unik tentang Tahun Baru Cina tersebut? Dilansir dari k-international, Senin (08/02/2016), inilah fakta-fakta unik tersebut.

1. Perayaan Tahun Baru Imlek biasa berlangsung antara tanggal 21 Januari sampai 20 Februari, tergantung pada kalender lunar Cina. Jadi, meskipun kalender masehi memiliki tanggal awal dan akhir yang tetap, Tahun Baru Cina lebih sering terjadi pada 31 tanggal yang berbeda.

2. Perayaan Tahun Baru Cina biasanya berlangsung selama 15 hari dan menjadi festival terpanjang dalam kalender Cina. Tahun baru Cina biasanya tak hanya menjadi hari libur umum di Cina tapi di banyak negara lain, termasuk Indonesia, Filipina, dan Malaysia. Selain itu, tahun baru Cina juga dirayakan di seluruh dunia oleh masyarakat Cina.

3. Perayaan tahun baru biasanya berlangsung di rumah karena tahun baru merupakan hari berkumpul keluarga. Hal ini menyebabkan jalanan macet karena semua orang pergi ke rumah keluarga mereka dan orang-orang terkasih. Diperkirakan, lebih dari 200 juta orang Cina melakukan perjalanan panjang untuk berkumpul di rumah merayakan tahun baru Cina.

4. Meski disebut sebagai Festival Musim Semi di Cina, di bumi belahan utara sendiri tahun baru lebih sering jatuh pada musim dingin.

5. Membersihkan rumah sebelum tahun baru dianggap membawa keberuntungan dan menyingkirkan nasib buruk. Tidak membersihkan rumah dapat membawa aib dan nasib buruk pada keluarga.

6. Perayaan tahun baru biasanya dimulai dengan pertemuan keluarga dan makan pada malam Festival Musim Semi. Hidangan mewah disediakan, termasuk bertukar kado antar anggota keluarga.

Inilah deretan ucapan Imlek 2016 yang sudah menghiasi Instagram sejak beberapa hari lalu. 

7. Bagi yang merayakan, rumah biasanya akan didekorasi dengan warna merah. Merah dianggap warna yang membawa keberuntungan.

8. Kebanyakan rumah akan menempelkan kertas merah yang bertuliskan "Chunlian". Pesan tersebut biasanya berisi harapan akan kesehatan dan keberuntungan di tahun yang baru.

9. Memberikan angpao merupakan tradisi. Tujuannya untuk menumbuhkan semangat pada generasi muda.

10. Cina merupakan rumah bagi industri kembang api di dunia. Pada Festival Musim Semi biasanya akan dibakar jutaan kembang api. Tradisi ini terkait kepercayaan bahwa kembang api dapat menakut-nakuti roh jahat dan setan.

11. Festival Musim Semi biasanya diakhiri dengan Festival Lentera. Pada malam hari ke-15, keluarga dan teman-teman akan berkumpul untuk makan dan memasang lentera atau menerbangkan lentera ke langit.

12. Shou Sui merupakan praktik bergadang sampai tengah malam keluarga untuk menyambut tahun baru.

13. Selain Cina, perayaan Festival Musim Semi di negara-negara lain juga dilakukan dengan perayaan besar-besaran. Orang-orang akan berkumpul di Pecinan untuk menyalakan kembang api dan lentera.

14. Di London, lebih dari setengah juta orang turut ambil bagian pada perayaan tahun baru Cina.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.