Sukses

6 Kisah Haru Pahlawan dari Dunia Hewan

Hewan-hewan berikut diganjar gelar pahlawan atas jasa mereka

Citizen6, Jakarta Di zaman modern seperti sekarang ini, kebaikan hati adalah sesuatu yang langka. Pengorbanan dan keberanian pun begitu.

Tapi tahukah Anda, tidak hanya manusia, hewan pun dalam melakukan tindakan-tindakan heroik demi menyelamatkan manusia. Berikut beberapa kisah mengharukan hewan yang dapat diganjar medali penghargaan karena pengorbanan mereka.

1. Cher Ami, si burung dara pengantar pesan

Cher merupakan satu dari 600 burung dara yang bertugas di angkatan darat Amerika Serikat. Ia bertugas menyampaikan pesan selama PD II. Dalam satu tahun, Cher telah berhasil mengirimkan 12 pesan penting.

Pada Oktober 1918, Cher melakukan perjalanan terakhirnya dalam serangan Meuse-Argonne. Burung itu terluka di dada, salah satu matanya buta, dan kehilangan salah satu kakinya. Tapi masih berhasil mencapai tujuan dan menyampaikan pesan. Berkat jasa Cher, 200 tentara selamat. Pada tahun 2011, Cher masuk Majalah Time sebagai salah satu hewan paling heroik di dunia.

2. Dasher, anjing gembala Jerman yang setia

Dasher merupakan peliharaan keluarga Dante. Suatu hari, Dante yang berusia dua tahun pergi dari rumah dan tak ada yang menyadarinya kecuali Dasher. Bocah itu berjalan sampai sejauh 3 km dari rumah diikuti Dasher yang menjaganya.

Butuh waktu lama bagi orang tua Dante untuk menyadari kalau anaknya hilang. Mereka menghubungi polisi dan melakukan segala cara untuk menemukan anaknya.

15 jam kemudian, anaknya ditemukan di hutan bersama Dasher. Untungnya Dante tidak mengalami serius. Kemungkinan Dasher melindunginya semalaman dari badi dan hewan predator. Orang tua Dante pun begitu bersyukur memiliki Dasher yang begitu setia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Singa yang menyelamatkan gadis kecil

3. Singa yang menyelamatkan gadis kecil

Tidak selamanya hewan predator terlihat menyeramkan. Pada tahun 2005 di Ethiopia, sekelompok pria menculik gadis berusia 12 tahun untuk dinikahi secara paksa dengan salah satu dari mereka. Seminggu kemudian, si gadis ditemukan di hutan di bawah perlindungan tiga ekor singa.

Ternyata saat singa melihat pria-pria itu menculik si gadis dan membawanya ke hutan, ketiga singa tersebut menyerang pria-pria jahat dan membuat mereka kabur. Setelah itu, si gadis dijaga oleh singa hingga polisi tiba. Saat ditemukan oleh polisi, singa-singa itu mundur untuk kembali ke habitat mereka.

4. Geo, anjing yang menyelamatkan hidup tuannya

Suatu kali, Geo dan tuannya, Charlie Riley, tengah bermain di pinggir jalan raya. Tiba-tiba, sebuah truk melaju ke trotoar dengan kecepatan tinggi menuju Charlie. Melihat hal itu, Geo langsung mendorong Charlie ke samping.

Charlie selamat, tapi Geo tertabrak hingga terlempar. Ajaibnya, Geo selamat meski mengalami luka dan patah tulang belakang. Geo mesti menjalani pengobatan dan rehabilitas yang panjang barulah bisa berkumpul dengan Charlie kembali.

3 dari 3 halaman

Rademenes, si kucing perawat

5. Rademenes, si kucing perawat

Rademenes awalnya dibawa ke penampungan hewan untuk di-euthanasia. Penyakit saluran pernapasan membuat kucing hitam ini tampak kepayahan menjalani kehidupannya sehari-hari. Meski demikian, dokter memutuskan memberi Radamenes kesempatan kedua.

Secara ajaib, ia pulih dengan cepat. Bahkan Radamenes kemudian bertingkah bak perawat bagi hewan-hewan lain di penampungan tersebut. Ia memeluk, menjilati, dan berbaring di dekat hewan-hewan yang sakit untuk memberi mereka semangat.

6. Lumba-lumba penyelamat

Tood Endris, seorang peselancar profesional lolos dari kematian berkat bantuan beberapa ekor lumba-lumba. Saat itu Agustus 2007, ia diserang hiu putih sepanjang 5 meter ketika tengah berselancar.

Setelah berhasil menjauhkan diri dari si predator, Tood hampir kehilangan kekuatan untuk mencapai pantai. Ajaibnya, tiba-tiba sekelompok lumba-lumba datang membantunya. Mereka mengelilingi Tood dan menjaganya dari serangan hiu lainnya, sampai Tood mencapai pantai untuk diselamatkan.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini