Sukses

Monyet-monyet Pemecah Rekor di Tahun Monyet Api

Deretan monyet ini memiliki rekor dunia, khususnya ordo primata. Apa saja rekor unik mereka?

Citizen6, Jakarta Tahun Baru Cina 2567 yang jatuh pada minggu ke-2 Februari ini dinamakan tahun monyet. Mengikuti sistem kalender Cina yang memadukan dua belas jenis hewan dan unsur alam, tahun ini disebut juga sebagai tahun monyet api. Ternyata selain diabadikan sebagai nama tahun, beberapa jenis monyet memiliki rekor unik. Berikut deretan rekor yang dimiliki monyet di tahun monyet api sebagaimana dicatat Guinness World Records.

1. Bekantan, Monyet Mancung Asal Kalimantan

Bekantan, dengan nama ilmiah Nasalis larvatus memiliki rekor dunia sebagai monyet termancung dari ordo primata. Primata merupakan hewan menyusui yang dikelompokkan menjadi anggota ordo biologi Primates. Di dalam ordo ini termasuk diantaranya lemur, tarsius, monyet, kera, dan juga manusia.

Bekantan yang merupakan hewan khas pulau kalimantan diketahui memiliki hidung sepanjang 17 sentimeter. Hidung mancung bekantan umumnya dimiliki bekantan jantan, yang salah satunya berfungsi menarik perhatian bekantan betina.

Apa lagi rekor monyet di tahun monyet ini? Simak selanjutannya di artikel berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.