Sukses

Ditemukan Objek Berupa Cacing di Mars, Tanda Kehidupan?

Sebuah foto terbaru dari Mars memperlihatkan objek yang tampak seperti cacing

Citizen6, Jakarta Sebuah bentuk aneh menyerupai cacing ditemukan dalam gambar yang diambil NASA dari bukit pasir di Mars. Hal ini mendorong klaim adanya bukti kehidupan di planet merah tersebut.

Bentuk yang tidak biasa itu tertangkap oleh kamera NASA, Curiosity Rover-droid 4WD yang menjelajahi permukaan Mars untuk NASA pada 29 Januari. Bentuk aneh itu tampak berada di lereng bukit pasir dan di sudut kanan punggung bukit pasir. 

Seperti dilansir dari Express.co.uk, Rabu (10/02/2016), NASA belum membuat observasi terhadap objek kecil itu, tapi penggemar UFO, Scott C Waring yakin penampakan itu menunjukkan bukti kehidupan di Mars.

"Ada kehidupan di Mars dan ini 100 persen buktinya. Cacing itu memiliki kerangka luar berlapis baja," kata Scott.

Scott berspekulasi hanya sebagian tubuh cacing itu yang keluar dari dalam pasir, sehingga bentuknya terlihat tidak biasa. Sementara Scott bersikeras kalau foto tersebut menunjukkan bukti kehidupan di Mars, ahli luar angkasa lain menampik pendapat Scott.

"Tidak mungkin itu makhluk hidup. Bentuknya seperti tabung atau pipa," papar Michael Dougherty.

Express 

Sementara yang lain berpendapat objek itu lebih menyerupai tabung metal fleksibel yang biasa digunakan dalam konstruksi listrik.

NASA belum banyak berkomentar mengenai foto tersebut. Menurut NASA, rover belum menemukan bentuk kehidupan di Mars. Sedangkan objek menyerupai cacing bisa saja merupakan efek dari pareidolia, yakni fenomena psikologis yang melibatkan stimulus samar dan acak yang dianggap penting. Sebagai contoh, kita seperti bisa melihat wajah seseorang di permukaan bulan. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.