Sukses

Gubernur Papua Barat Melepas Tim Ekspedisi NKRI Papua Barat

Gubernur Papua Barat Abraham Octavians Atururi memimpin upacara pemberangkatan secara simbolis Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat

Citizen6, Jakarta Gubernur Papua Barat Abraham Octavians Atururi memimpin upacara penerimaan dan pemberangkatan secara simbolis Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat 2016. Upacara berlangsung di Lapangan Borarsi Manokrawi, Kamis (11/2) dengan peserta sebanyak 954 orang. Dalam sambutannya, ia mengumumkan kalau ekspedisi akan dilakukan selam empat bulan.

“Para peserta yang terlibat dari unsur TNI, Polri, mahasiswa termasuk mahasiswa dari perguruan tinggi di Papua Barat, pakar ahli serta peneliti. Mereka akan meneliti keanekaragaman hayati seperti flora dan fauna, pemetaan wilayah, serta pengabdian kepada masyarakat yang tinggal di daerah terpencil,” pungkas Abraham dalam sambutannya. 

Abraham amat mengapresiasi kegiatan Ekspedisi NKRI ini. Ia berharap, tim ekspedisi dapat menemukan potensi wisata di Papua Barat dan penemuan tersebut dapat bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat Papua Barat. Sebagaimana diketahui, Papua banyak memiliki tempat-tempat indah. Raja Ampat salah satunya.

"Semoga sektor pariwisata di Kaimana, Bintuni, dan Wondama juga meningkat nantinya."

Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat akan menjelajah di delapan subkorwil Papua Barat, meliputi Sorong, Sorong Selatan, Tambrauw, Manokrawi Selatan, Wondama, Kaimana, dan Fak Fak. Nantinya, hasil ekspedisi tersebut akan dibukukan.

Ekspedisi ini diharapkan dapat mengulang sukses lima ekspedisi sebelumnya, yaitu Ekspedisi Bukit Barisan 2011, Ekspedisi Khatulistiwa 2012 di Kalimantan, Ekspedisi NKRI Koridor Sulawesi 2013, Ekspedisi NKRI Koridor Maluku dan Maluku Utara pada tahun 2014, serta Ekspedisi NKRI Koridor Kepulauan Nusa Tenggara di tahun lalu.

Usai foto bersama, Danjen Kopassus Mayjen TNI M. Herindra menuturkan kalau ekspedisi kali ini lebih difokuskan pada pengabdian pada masyarakat, untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua Barat. Ia berharap, tim ekspedisi NKRI akan melakukan yang terbaik untuk Papua Barat. Selain Gubernur Papua Barat, pejabat yang hadir pada upacara tersebut yaitu, Pangdam XVII/Cenderawasih, Danjen Kopassus, Kapolda Papua Barat, Danrem 171/PVT, Ketua DPRD Prov. Papua Barat, Kajari Manokwari, Sekda Kab. Manokwari, Kepala Basarnas Manokwari, Kepala Dinas Kehutanan Manokwari, Ketua FKPPI Prov. Papua Barat, serta para veteran.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.