Sukses

Yuk Kenali Liger, Kawin Silang Singa dan Harimau

Kucing besar yang jinak ini hasil persilangan singa dan harimau. Berbobot 412 kg dan panjang tubuh 3 meter.

Citizen6, Jakarta Bagaimana jika seekor singa jantan dikawinkan dengan harimau betina? Lahirlah spesies baru bernama Liger. Perkawinan silang tersebut dapat dilakukan karena singa dan harimau masuk dalam famili dan genus yang sama. Kedua kucing besar tersebut masuk famili Felidae dan bergenus Panthera. Persilangannya Liger, masuk dalam famili dan genus yang sama.

Uniknya, jika seekor singa jantan dikawinkan dengan seekor harimau betina maka akan lahir seekor Liger yang lebih mirip singa. Kemiripan didapat dari warna bulu coklat dan postur tubuh. Sedangkan jika seekor harimau jantan dikawinkan dengan seekor singa betina, maka akan menghasilkan Liger yang lebih mirip seperti harimau.

Selayaknya harimau, si kucing besar Liger tidak takut air dan dapat berenang. Namun berbeda dengan induk harimau yang suka menyendiri, Liger mewarisi sifat singa yang suka berkoloni dan hidup dalam kelompok. Itulah mengapa Liger cenderung jinak dan hidup bersahabat dengan manusia.

Adalah Hercules, seekor Liger yang mendapat gelar rekor dunia sebagai kucing terbesar yang hidup jinak. Hercules sendiri memiliki bobot 418,2 kilogram. Sederetan angka dan fakta menakjubkan mengelilingi si kucing besar ini. Seperti apa uniknya Liger ini, simak di artikel berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.