Sukses

Megah, Turki Bangun Bandara Masa Depan Terbesar di Dunia

Pemerintah Turki tengah membangun bandara Internasional terbesar di dunia

Citizen6, Istanbul - Pemerintah Turki tengah membangun proyek prestisius dan menakjubkan. Bila tahap keempat pembangunan bandara ini selesai pada tahun 2028, dipastikan bandara ini akan menjadi bandara internasional terbesar di dunia.

Bandara ini nantinya akan memiliki enam landasan pacu, penerbangan ke 350 tujuan, dan dapat menampung hingga 200 juta penumpang.

Terletak di pantai Laut Hitam, bandara ini berlokasi 22 mil dari luar Istanbul. Untuk sementara, bandara ini diberi nama Istanbul's New Airport dan akan menjadi pintu gerbang penerbangan Turki ke Eropa dan Asia.

Tak hanya itu, nantinya bandara ketiga di Istanbul ini akan memiliki parkir mobil terbesar di Eropa yang dapat menampung 24.000 mobil.

- 

Dilansir dari DailyMail, Selasa (23/02/2016), saat ini pembangunan baru berlangsung di tahap satu. Meski baru akan selesai tahun 2018 nanti, namun tahap satu bandara ini saja sudah dapat melayani 90 juta penumpang per tahun dengan luas lebih dari 11 juta kaki.

Terminal satu nantinya akan memiliki langit-langit berkubah, skylight yang memberikan cahaya alami, dan atap yang memberi warna kebiruan serta pola geometris.

- 

Sayangnya, meski pembangunan tahap satu tengah berjalan, nyatanya sektor pariwisata Turki mengalami penurunan tahun ini. Penurunan tersebut diperkirakan akibat serangan teror di Istanbul dan Ankara. Bulan lalu saja, 10 wisatawan Jerman tewas dalam serangan bom bunuh diri, tak jauh dari Masjid Biru. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini