Sukses

Ilmuwan Temukan Hewan Paling Pertama yang Menghuni Bumi

Banyak yang penasaran sebeneranya hewam apa yang paling pertama diciptakan di bumi?

Citizen6, Jakarta Banyak orang awam yang penasaran sebeneranya hewan apa yang paling pertama diciptakan di bumi? Seorang ahli biologi MIT mempunyai temuan mengejutkan. Menurut makalah yang diterbitkan 22 Februari lalu, hewan paling pertama yang hidup di bumi adalah spons laut.

Temuan ini mungkin mengecewakan banyak orang. Selama ini banyak yang menganggap, hewan pertama yang hidup di bumi adalah comb jelly atau Ctenophora. Sang penulis makalah berpendapat, kehidupan telah ada jauh sebelumnya.

Dalam temuan terbarunya, dia menemukan bahwa kehidupan spons laut ternyata telah hidup sejak 640 juta tahun yang lalu. Artinya 250 juta tahun lebih awal dari yang diperkirakan sebelumnya. Hebatnya sampai sekarang spon laut masih ada hingga sekarang. Ini membuktikan spons laut adalah makhluk yang sangat perkasa.

Tentu ini sangat menarik. Spons laut bukanlah tanaman, namun jenis hewan primitif yang tak mempunyai organ, otot, dan saraf.

Meski jenis hewan primitif yang sederhana, ada sekitar 5000 spesies spons laut, mulai dari yang berukuran kecil hingga yang berbentuk panjang dengan empat kaki. Spons laut merupakan satu-satunya hewan yang tak memiliki simetri tubuh sama sekali.

Meski tak punya organ, mereka ternyata makhluk yang romantis juga. Spons bereproduksi secara seksual dengan tindakan yang disebut "buddying" di mana sperma dilepaskan ke laut oleh spons, dan kemudian spons terdekat menyamburnya.

Mereka banyak ditemukan di terumbu karang. Hewan ini sempat dikira tumbuhan. 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.