Sukses

Rusia Rancang Satelit yang Bakal jadi Bintang Paling Terang

Rusia saat ini tengah berencana membuat satelit yang akan menjadi bintang paling terang di langit

Citizen6, Jakarta - Sekelompok tim ilmuwan di Rusia berencana meluncurkan satelit unik, dengan tujuan: menjadikannya bintang paling terang di langit kita (selain matahari tentunya). Cara yang mereka tempuh yakni menggunakan material lembaran reflektif raksasa.

Sekelompok insinyur di balik proyek tersebut berasal dari Moscow State Mechanical Engineering University (MAMI). Pesawat ruang angkasa kecil, kira-kira sebesar sepotong roti,nantinya akan membentangkan piramida solar reflektor di orbit.

Seperti dikutip dari iflscience, Selasa (01/03/2016), reflektor yang terbuat dari film polimer tipis itu nanti besarnya 16 meter persegi dan 20 kali lebih tipis dari rambut manusia. Tim ahli berencana menempatkan pesawat ruang angkasa dengan perhitungan selalu berada di bawah sinar matahari. Dengan demikian, piramida itu akan selalu bersinar di langit malam di lokasi berbeda, mengikuti perputaran bumi.

Pada ketinggian 370 mil dari atas tanah, pesawat ruang angkasa yang membawa piramida reflektor dijamin terhindar dari efek besar hambatan atmosfer. Namun rencana tersebut mendapat reaksi penolakan dari kelompok ilmiah dan pecinta lingkungan.

Menurut mereka, sebaiknya satelit tersebut tidak terlalu terang. Sebab, jika terangnya terlalu berlebihan kemungkinan dapat menyebabkan malapetaka bagi astronom yang mengandalkan kegelapan untuk mengamati semesta. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini