Sukses

5 Perempuan Hebat yang Jadi Penerang Sesama

Ini adalah 5 perempuan inspiratif yang sosoknya jarang kita kenal tetapi dapat mengubah kehidupan sesama

Citizen6, Jakarta Menjadi seorang perempuan bukan hal yang mudah. Jika dibandingkan dengan kehidupan para kaum lelaki, perempuan juga memiliki tugas yang sama beratnya. Bila pada jamanKartini, hanya laki-laki yang boleh mengenyam pendidikan dan perempuan hanya menjadi ibu rumah tangga, sekarang perempuan pun dituntun hal yang sama yaitu belajar dan bekerja, layaknya seorang laki-laki.

Hari ini tepat pada 8 Maret 2016 menjadi hari perempuan internasional yang dirayakan setiap satu tahun sekali untuk memperingati keberhasilan para perempuan di dunia ekonomi, sosial, politik dan pendidikan.

Ini adalah 5 perempuan inspiratif yang sosoknya jarang kita kenal tetapi dapat mengubah kehidupan sesama

1. Hana Amalia

Perempuan satu ini berasal dari Surabaya. Memiliki cita-cita untuk membangun panti asuhan. Cita-citanya sempat sirnah setelah dokter mengdiagnosa dia sakit dan akan meninggal pada umur 17 tahun. Tetapi rencana Tuhan berbeda, perempuan ini justru sudah banyak mengubah kehidupan banyak orang terutama orangtua, anak yatim piatu, lansia (Lanjut Usia), PSK (Pekerja Seks Komersial), dan waria yang hidupnya kurang beruntung.

Yayasan yang didirikan oleh Hana adalah Yayasan Pondok Kasih. Yayasan Pondok Kasih yang sudah berdiri hampir 25 tahun ini sudah memiliki komunitas lebih dari 300 tempat di seluruh Indonesia dan banyak mengubah kehidupan orang banyak.

2.Puwanti

Perempuan yang satu ini bisa dikatakan juga sebagai perempuan yang kurang beruntung. Kehidupan masa kecilnya di kursi roda membuat dia selalu mendapatkan diskriminasi dari lingkungan sekitar.

Dari kehidupannya yang kelam tersebut, kini perempuann ini justru banyak membela anak-anak keterbelakangan seperti dirinya dengan memberikan perkerjaan kepada mereka untuk bisa menjahit, merajut, dsb.. Kini, anak yang sudah dididik dan dilatih, sekarang sudah dapat membangun usaha sendiri, sehingga dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah untuk keluarganya masing-masing.

3.Khilda Baiti Rohma

Berbeda dengan kehidupan Hana yang berasal dari Surabaya, perempuan satu ini berasal dari Bandung. Sejak duduk di bangku SMA, Rohma sudah memiliki rasa untuk ikut dalam LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) dan terlibat langsung dalam melestarikan lingkungan yang bersih dan sehat.

Tindakan Rhoma saat ini adalah dengan membangun komunitas pengelolan sampah dengan tujuan untuk memilah sampah organik dan non-organik. Dengan adanya Komunitas tersebut, Rohma dapat mengubah kehidupan para pemungut sampah yang biasanya hanya mendapatkan upah Rp 350.000 menjadi Rp 650.000. Luar biasa, bukan ?

4.Yustina Wartati

Yustina seorang perempuan yang memiliki suami buta dan tuli ini tidak patah semangat untuk menjadi perempuan yang inspiratif. Dengan menggunakan kapal kecil dan melalui sungai, Perempuan 51 tahun ini dapat membangun sekolah di daerah perdalaman.

Mendirikan sekolah memang bukan hal yang mudah, tetapi pekerjaan mulia Yustina ini membawa kesejahteraan bagi masyarakat terutama anak-anak sekolah dasar yang akhirnya dapat mengenyam pendidikan. Hingga kini, Yustina sudah menjadi seorang guru selama 17 tahun di sekolah yang ia dirikan.

5. Habsari Budi Utami

Sedekah membawa berkah, kata yang tepat untuk perempuan yang satu ini. Sejak tahun 2009, Ari membangun Warung Ikhlas yang bertujuan untuk membagikan nasi bungkus sebanyak 60 bungkus setiap hari kepada orang yang kurang beruntung seperti tukang, pemulung sampah, dan anak-anak jalanan. Perbuatan yang mulia ini, sekarang sudah berkembang hingga ke kota-kota lain, dan tentunya sangat membantu orang yang kurang beruntung.

Menjadi perempuan inspiratif bukan harus menjadi perempuan yang hidupnya sudah beruntung, tetapi perempuan inspiratif adalah perempuan yang dapat mengubah kehidupan seseorang menjadi lebih baik. Selamat hari perempuan sedunia.

Penulis

Christyana Caroline

* Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar Mulai Pukul 06.00 - 09.00 WIB. Klik di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini