Sukses

Komunitas #SedekahRecehan Berbagi untuk Dhuafa

Hanya butuh waktu sekitar 20 menit untuk menyelesaikan aksi ini.

Citizen6, Jakarta Sejumlah pemuda dan mahasiswa yang tergabung dalam komunitas #SedekahRecehan melakukan kegiatan sosial di sekitar titik nol kilometer Yogyakarta. Kegiatan sosial yang dilakukan berupa aksi berbagi nasi bungkus makan malam untuk dhuafa, seperti petugas kebersihan, tukang becak, maupun pedagang asongan yang dijumpai.

“Kegiatan aksi berbagi nasi bungkus merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Komunitas #SedekahRecehan setiap bulannya. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membangun kepedulian sosial dan ikut berbagi manfaat dengan sesama.” Demikian disampaikan Rizal Nasrul, salah satu relawan #SedekahRecehan.

Dengan semangat “Recehan kita, senyum dhuafa”, Komunitas #SedekahRecehan terus berusaha memperluas jaringannya. Bermula dari kegiatan hobi mengumpulkan uang receh sisa belanja akhirnya bermetamorfosis sebagai gerakan sosial. Beberapa kegiatan yang sudah dilakukan yaitu penyaluran beasiswa pendidikan untuk anak asuh dari recehan yang dikumpulkan anggota, kegiatan aksi berbagi nasi bungkus setiap bulan, dan kegiatan amal sosial di beberapa panti asuhan.

“Aksi berbagi kali ini sedikit berbeda. Kami mengajak elemen mahasiswa lain untuk bergabung yaitu dari Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPA (HIMA IPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Kami menebarkan virus One Man One Box, Satu orang satu bungkus nasi. Alhamdulillah, puluhan paket bisa kita distribusikan selain donasi dalam bentuk tunai yang kami salurkan untuk beasiswa anak asuh dan santunan panti asuhan.” Demikian disampaikan Ary Gunawan, Koordinator #SedekahRecehan.

Relawan #SedekahRecehan dan anggota HIMA IPA UNY berkeliling kawasan titik nol kilometer Jogja untuk membagikan paket nasi bungkus yang dibawa. Hanya butuh waktu sekitar 20 menit untuk menyelesaikan aksi ini. Sekitar 50an paket berhasil disalurkan pada dhuafa.

“Kami berharap bisa ambil bagian dalam kegiatan sosial semacam ini. Sungguh memberikan dampak positif dalam hal kepedulian dan semangat berbagi. Ayo terus sebarkan virus One Man One Box.” Pungkas Trian, relawan #SedekahRecehan dari HIMA IPA UNY.

Ary Gunawan (@arygoen)

Koordinator #SedekahRecehan

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.