Sukses

Tuang Logam Panas ke Atas Burger, Ini yang Terjadi

Pernahkah Anda bertanya, apa yang terjadi saat burger disiram logam panas? Ternyata, hasilnya sangat mengejutkan.

Citizen6, Jakarta - Satu lagi percobaan unik dan seru yang mungkin tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya. Pernahkah Anda bertanya, apa yang terjadi saat burger disiram logam panas? Ternyata, hasilnya sangat mengejutkan.

Dalam video tersebut, si pria yang melakukan percobaan menyiapkan burger terlebih dahulu. Selanjutnya, ia mengambil logam cair dengan suhu 1.085 derajat Celcius.

Kemudian, pria itu menuangkan logam cair panas ke atas burger. Tentunya, ia harus berhati-hati dengan logam cair panas yang menciprat ke mana-mana. Karena itulah, percobaan ini tidak boleh dilakukan sendiri di rumah.

Selanjutnya, apa yang terjadi? Mungkin Anda mengira burger itu akan hancur dan terbakar sampai habis. Tapi ternyata tidak!

Burgernya tidak hancur. Hangus dan mengempes, iya. Tapi bentuknya sama sekali tidak berubah. Lalu, apa yang sebenarnya terjadi?

Ternyata hal itu dapat terjadi karena efek Leidenfrost. Ini merupakan fenomena fisika di mana cairan yang melakukan kontak dengan suatu bahan yang jauh lebih panas dari titik didih cairan itu sendiri, akan menghasilkan lapisan uap isolasi yang menjaga cairan agar tidak menguap dengan cepat.

Efek Leidenfrost dapat terjadi pada peristiwa sehari-hari. Misalnya saja, waktu setetes air di panci yang dipanaskan, maka tetesan air itu akan berjalan di panci dan butuh waktu lama untuk menguap daripada di dalam panci yang suhunya di bawah titik Leidenfrost. Menarik, ya? 

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.