Sukses

Equinox, Gelombang Panas dan Pesan Hoax Berantai

Fenomena equinox tentang gelombang panas, pesan berantai dan penjelasan resmi dari BMKG dan LAPAN.

Citizen6, Jakarta Fenomena equinox yang akan terjadi sekitar 20 Maret dan 22 September, adalah sebuah  fenomena di mana matahari akan berada tepat di atas kepala pada tengah hari. Seperti dilansir dari Strait Times pada Jumat (18/3/2016), saat itu sinar matahari paling intens mencapai permukaan bumi dan berkontribusi terhadap suhu yang lebih tinggi pada siang hari.

Berkaitan dengan peningkatan suhu tersebut, sebuah pesan berantai yang beredar mengklaim akibat dari fenomena equinox, suhu akan meningkat hingga 40 derajat Celcius. Meskipun telah disangkal oleh kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin, yang memberikan keterangan bahwa pesan berantai itu mengandung unsur hoax pesan berantai tersebut masih beredar.

Tanggapan terhadap pesan berantai gelombang panas equinox juga disampaikan oleh Kepala Bidang Peringatan Dini Cuaca BMKG, Kukuh Ribudiyanto, "Tidak ada kejadian khusus, karena equinox merupakan peristiwa normal." ujarnya kepada Liputan6.com. Lalu bagaimana thread-thread di Forum Liputan6 mengenai Equinox, Gelombang Panas dan Pesan Berantai ini? Simak di artikel berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Lihat juga video tentang gelombang panas berikut ini :

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.