Sukses

Ditemukan Spesies Baru, Katak Emas dari Hutan Andes yang Unik

Uniknya Katak Emas, spesies baru katak dari hutan Andes Kolombia.

Citizen6, Jakarta Katak emas, demikian julukan untuk katak jenis baru yang ditemukan sekelompok peneliti dari Smithsonian Tropical Research Institute (STRI). Jika umumnya katak berwarna hijau atau abu-abu, katak yang satu ini berwarna kuning terang. Katak yang diduga endemik hidup di hutan dataran tinggi pegunungan Andes, Kolombia ini secara ilmiah dinamakan Pristimantis dorado. Nama dorado dikaitkan dengan kota emas ElDorado yang dalam mitos diceritakan penuh dengan beragam benda dari emas. Kota mitos ElDorado sendiri adalah buruan para penjelajah selama ratusan tahun.

Ada alasan kuat katak berwana kuning terang ini dinamakan Pristimantis dorado. Seperti dilansir dari stri.si.edu, Andrew Crawford mengungkapkan pendapatnya bahwa "Orang-orang Spanyol mengasumsikan kekayaan Kolombia adalah emas, tapi hari ini kita memahami bahwa kekayaan nyata negara adalah kebohongan, yang nyata adalah keanekaragaman hayati." Andrew Crawford, adalah peneliti dari kelompok riset STRI dan dosen dari Universidad de Los Andes yang berfokus pada penelitian keanekaragaman hayati di Kolombia.

Apalagi keunikan lain katak emas ini? Simak di artikel berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.