Sukses

Akibat Kritik Pemerintah, Blogger Ini Divonis 5 Tahun Penjara

Apa yang terjadi penulis blog (blogger) malah divonis hukuman lima tahun penjara.

Citizen6, Jakarta Blog menjadi wadah seseorang menulis dengan segala kreativitasnya di dunia maya, baik tulisan reportase, opini, maupun curahan hati pribadi. Namun, kebebasan menulis blog justru terkekang di Vietnam. Hal ini dialami penulis blog (blogger) ternama asal Vietnam, Nguyen Huu Vinh. Tulisan kritis politik yang sebenarnya ditujukan kalangan dalam pemerintah menyeret Vinh ke penjara.

Aktif mengkritisi pemerintah lewat tulisan di blog, Vinh diganjar hukuman lima tahun penjara. Vonis hukuman yang jatuh pada Rabu (23/3/2016) karena ia terbukti menyalahgunakan kebebasan demokrasi. Bahkan asistennya, Nguyen Thi Minh Thuy, dibui tiga tahun.

Pengekangan kebebasan berpendapat di Vietnam menuai kritik dari dalam dan luar negeri. Media massa dikuasai negara dan diatur secara ketat. Akibatnya, masyarakat Vietnam yang ingin membaca dan menulis kritik ke pemerintah beralih ke blog.

Forum Liputan6

Mereka memilih blog sebagai wadah mengkritik pemerintah dan memperbarui informasi terkait pemerintah.

Kamu bisa baca selengkapnya di sini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.