Sukses

10 Tips Singkat Pikat Mahasiswa untuk Kamu Dosen Muda

Sebagai dosen muda, kamu perlu mempersiapkan tips menarik perhatian mahasiswa sejak awal pertemuan.

Citizen6, Jakarta - Lowongan dosen terbuka lebar sejak sejak Dikti mengeluarkan peraturan baru tentang kuota antara mahasiswa dan dosen tetap perguruan tinggi di Indonesia. Bagi kamu yang tertarik dengan lowongan menjadi dosen muda, kesempatan ini patut dicoba.

Menjadi dosen muda atau tengah merintis dosen tetap, kamu perlu mengetahui langkah-langkah sebagai dosen yang baik.

1. Kesan pertama

Kamu perlu memikat perhatian mahasiswa saat awal perkuliahan. Kesan pertama dosen saat masuk kelas bisa dibilang penting memulai perkuliahan dengan singkat dan menarik. Lakukan pengenalan kurang lebih 5 menit di awal pertemuan.

Gunakan waktu untuk menjelaskan garis besar materi yang akan diterangkan. Kamu bisa mulai dengan semangat dan antusias atau melempar pertanyaan yang bisa menarik perhatian mahasiswa.

2. Rencanakan materi yang matang

Meskipun baru pertama kali masuk, kamu tetap membuat materi yang matang. Hindari masuk ke ruang kuliah tanpa menyiapkan apapun. Sebelumnya, buatlah ringkasan materi yang akan disampaikan.

Forum Liputan6

Kamu bisa menggunakan alat bantu visual untuk menyampaikan materi, seperti PowerPoint.

3. Gaya Presentasi

Sebagai dosen muda, kamu perlu mengasah kemampuan presentasi. Variasi intonasi suara, menjaga kontrol kecepatan bicara dan gerakan tubuh. Jika kamu memberikan kuliah dengan suara monoton, maka mahasiswa akan cepat bosan dan mengantuk.

Kamu harus menjaga kontak mata dengan mengarahkan pandangan ke seluruh mahasiswa di dalam kelas. Atur penekanan suara kamu untuk poin materi yang penting. Lakukan percakapan santai dengan mahasiswa untuk membuat ketertarikan. Kalau kamu suka bercerita, maka sisipkan humor di dalamnya. Mahasiswa bisa termotivasi saat belajar dengan bersenang-senang.

Kamu bisa baca selengkapnya di sini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.