Sukses

Jangan Lewatkan, Komet Kehijauan Lewati Langit Besok

Fenomena langit yang satu ini jangan sampai kamu lewatkan

Citizen6, Jakarta - Sebuah komet berwarna hijau terang dipastikan melewati langit bumi besok, Selasa (29/03/2016). Komet yang disebut Sky Gazers ini akan melewati Bumi dengan jarak lebih dari 3,3 juta mil.

Yang membuat para ilmuwan dan astronom gembira adalah cahaya kehijauan yang dipancarkan Sky Gazers kali ini 100 kali lebih terang dari yang diharapkan. Saat ini, komet tersebut tengah bergerak cepat ke belahan bumi utara.

Akan tetapi, dikarenakan bulan tengah penuh, diperkirakan butuh teropong untuk melihat cahaya kehijauan dari komet tersebut. Sementara itu Sky & Telescope memaparkan cara terbaik melihat komet tersebut.

  1. Pergilah ke suatu daerah yang tidak terpengaruh polusi cahaya atau setidaknya jauh dari kota.
  2. Anda harus tiba setidaknya 1,5 jam sebelum matahari terbit.
  3. Komet bergerak di antara konstelasi Sagitarius dan Scorpio. Konstelasi ini terletak di bagian selatan langit sebelum fajar.
  4. Planet Saturnus dan Mars juga berada di bagian langit tersebut.
  5. Kedua planet tersebut dan bintang terang Antares akan menjadi hal pertama yang harus kamu perhatikan. Ketiganya membentuk sudut segitiga.
  6. Nah, komet itu akan melewati bagian kiri segitiga tersebut.
  7. Jangan lupa bawa teropong karena cahaya bulan dapat mengaburkan pandangan Anda.

- 

Menurut senior editor Sky & Telescope, Kelly Beatty, komet ini memiliki warna kehijauan yang disebabkan oleh molekul karbon diatomik yang terpancar di bawah sinar matahari.

"Namun, warna hijau yang indah itu kemungkinan tak dapat Anda lihat kecuali menggunakan teleskop," kata Kelly.

"Sebab, cahayanya tidak terkonsentrasi di satu titik melainkan tersebar. Jadi agak redup," imbuh dia.

Mengingat para astronom masih mempelajari komet tersebut, mereka masih belum bisa memastikan berapa lama komet melewati bumi dan kapan akan terlihat lagi.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini