Sukses

Main Basket Berhijab, Kenapa Tidak?

Bukan hanya sebagai olahraga, kini basket menjadi gaya hidup anak muda.

Campus CJ- Basket merupakan olahraga yang sangat populer di kalangan anak muda. Bukan hanya sebagai olahraga, kini basket menjadi gaya hidup anak muda. Style menjadi salah satu pengaruh yang besar di olahraga ini. Lalu bagaimana dengan pemain basket yang berhijab?.

Di tingkat internasional, FIBA menerapkan larangan bermain bagi pemain berhijab. Sedangkan di Indonesia, pada awalnya Persatuan Basket Seluruh Indonesia (PERBASI) melarang pemain basket berhijab. Pemain masih diperbolehkan bermain tetapi diberikan technical foul. Mungkin karena sebagian penduduk Indonesia adalah muslim, dan semakin banyaknya pemain basket yang berhijab larangan itu dicabut. Dan pemain basket yang berhijab bisa leluasa bermain tanpa takut dikenai pelanggaran.

Salah satu tim Universitas yang keseluruhan timnya memakai hijab adalah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kampus islam yang mewajibkan setiap mahasiswanya berhijab dalam setiap aktifitas. Tak terkecuali saat olahraga.

Walaupun banyak yang bilang emangnya ga panas? Emangnya ga ribet? kan atributnya banyak. Tetapi bagi tim ini hijab bukan menjadi penghalang, tidak panas, tidak repot meski harus memakai atribut tambahan seperti manset dan leging untuk menutup aurat.

Tidak jarang tim ini hanya dipandang sebelah mata, menjadi ledekan beberapa penonton karena seluruh pemainnya berhijab. Tetapi tim ini membuktikan bahwa dengan berhijab bisa berprestasi dengan menjadi pemenang di Liga Bola Basket Mahasiswa DKI Jakarta Divisi satu.

campus cj

Setelah tim ini menang, pandangan tim tim lain mulai berubah. Tim UIN menjadi tim yang di perhitungkan di setiap turnamen. Saat ini tim UIN sedang mempersiapkan pertandingan Liga Bola Basket Mahasiswa. Karena di tahun 2015 tim UIN menjadi juara di divisi satu, maka tim UIN mendapatkan promosi untuk naik ke divisi utama di tahun 2016. Mohon doanya agar tim basket UIN Jakarta mendapatkan hasil yang terbaik di turnamen ini.

 

Penulis:

Yulia Nur Shofiani

UIN Jakarta

Intagram: @yulianurshofian

 

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail : campuscj6@gmail.com

Serta follow official instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini