Sukses

6 Tips Sederhana agar Berhasil dalam Ujian Nasional 2016

UN masih menjadi momok menakutkan bagi banyak siswa tingkat akhir bahkan guru dan orangtua.

Citizen6, Jakarta - Ujian Nasional (UN) tahun 2016 di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dimulai Senin (4/4/2016). Tentu banyak siswa yang merasa takut dan resah dalam melaksanakan UN tersebut.

UN masih menjadi momok menakutkan bagi beberapa siswa tingkat akhir bahkan guru dan orangtua. Terkadang hasil UN yang diperoleh tidak sesuai dengan usaha yang sudah dilakukan oleh para siswa. Berbagai cara sudah diupayakan sekolah maupun orang tua agar anak-anaknya bisa lancar mengerjakan soal UN, seperti bimbingan belajar (bimbel) yang dilakukan oleh sekolah dan mengikuti bimbel di tempat khusus yang menyediakan paket bimbel untuk UN.

Berikut ini beberapa tips dalam menghadapi Ujian Nasional:

1. Awali dengan berdoa

Kita sebagai umat manusia dalam mengerjakan hal apapun harus diawali dengan berdoa kepada Tuhan untuk diberikan hasil yang baik. Tuhan pun akan melihat kesungguhan hamba-Nya dengan mengiringi usaha tersebut dengan doa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Persiapan awal yang matang

2. Persiapan awal yang matang

Persiapkan kartu ujian, jam tangan, dan alat tulis dari malam hari agar tidak ketinggalan. Bawalah alat tulis yang dibutuhkan bagi siswa yang sekolahnya masih menggunakan UN berbasis kertas, seperti pensil, penghapus, rautan, pulpen, penggaris dan tip ex. Perlengkapan yang kamu bawa ini akan membantu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian.

3 dari 6 halaman

Tenang dan percaya diri

3. Tenang dan percaya diri

Yakinkan pada diri kamu bahwa kamu sudah siap untuk mengerjakan ujian dengan baik. Tetap percaya diri dalam menjawab ujian yang kamu kerjakan, karena percaya diri merupakan poin penting dari satu kesiapan dalam UN. Tanpa adanya kepercayaan diri nantinya otak kita akan kehilangan konsentrasi, caranya agar tetap percaya diri yakni duduk yang tenang dan rileks.

4 dari 6 halaman

Baca, cermati soal ujian

4. Baca, cermati lalu pahami baru mengerjakan soal

Tips yang satu ini sangat penting. Luangkan waktu 10% untuk membaca soal-soal ujian secara mendalam, tandai kata-kata kunci dan putuskan berapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing-masing soal. Pilihlah untuk menjawab soal yang mudah terlebih dahulu, baru soal yang tersulit.

5 dari 6 halaman

Hati-hati saat mengisi jawaban

5. Hati-hati dalam mengisi lembar jawaban komputer (LJK)

Dalam mengisi LJK kamu harus sangat hati-hati, jangan sampai basah, terlipat, kotor dan menghapus dengan baik agar tidak robek. Jika hal tersebut terjadi pada kamu tentu sangat fatal, segeralah meminta kepada pengawas untuk mengganti LJK yang baru.

6 dari 6 halaman

Sisihkan waktu untuk mengecek jawaban

6. Sisihkan waktumu untuk memeriksa ulang jawabanmu

Periksalah jawaban kamu terlebih dahulu sebelum dikumpulkan, hindari keinginan untuk segera meninggalkan kelas setelah kamu menjawa soal ujian. Periksa lagi bahwa kamu sudah menjawab semua soal ujian. Periksa juga kelengkapan daftar nama dan nomor ujian.

Semoga tips ini membantu kamu agar berhasil secara maksimal untuk mengahadapi UN dan hasil yang diterima sesuai dengan yang diharapkan.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.