Sukses

Gending Raspuzi, Tokoh Silat Indonesia Jadi Pelatih di Eropa

Citizen6, Jakarta Pencak silat tradisional Jawa Barat semakin diminati oleh masyarakat di luar negeri. Tokoh pencak silat Sunda, Gending Raspuzi, akan melatih pencak silat pada tanggal 2-24 April 2016 di empat negara Eropa. Gending dijadwalkan akan membekali para praktisi bela diri dengan aliran pencak silat tradisional Sunda seperti Cimande, Sera, dan Ulin Makao (Banten) di Paris, Las Palmas, Dublin, dan Hannover.

Menurut Gending, pencak silat Sunda diminati karena sudah cukup berkembang di Eropa. Ia hanya memperkaya materi yang sudah ada dan memperkenalkan aliran kembangan yang lain.

“Sudah banyak berkembang aliran pencak Sunda di Eropa seperti Sera dan Cimande. Beberapa murid Garis Paksi juga sudah mengajarkan pencak silat di Italia dan Jerman. Selain Cimande dan Sera, akan dikenalkan juga Ulin Makao (Banten) dan Ulin Limbuhan yang dikembangkan dari pepedangan Cimande. Untuk anak-anak di Irlandia, akan diajarkan Santika atau ibing penca”  kata Gending.

Seperti apa pencak silat yang diajarkan di benua Eropa ini? Dan bagaimana foto-foto pesilat Eropa berlatih bela diri khas Indonesia ini? Simak di blog beladiri pencak silat yang ditulis oleh Shihab di Forum Liputan6 dengan meng-klik tautan ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

 

 

 

 

Artikel Selanjutnya
Timnas Indonesia U-19 Berharap Bisa Ulang Memori Indah 2013
Artikel Selanjutnya
Indra Ingin Ulangi Kejayaan Timnas Indonesia U-19 Era Evan Dimas