Sukses

15 Kode Rahasia yang Hanya Dipahami Sesama Dokter

Para dokter memiliki kode rahasia berupa bahasa khusus yang hanya dipahami oleh sesama petugas medis.

Citizen6, Jakarta Profesi dokter memiliki tanggung jawab yang besar. Sebagai tenaga medis, dokter tidak hanya bertanggung jawab untuk mengobati pasien, melainkan ikut menjaga kondisi emosional pasien di saat-saat kritis. Dokter harus mampu mengendalikan ekspresi wajah dan tutur bahasanya agar tak membuat pasien khawatir.

Untuk mengantisipasi berbagai hal yang justru membuat pasien khawatir, para dokter memiliki ‘bahasa khusus’ yang hanya dipahami oleh sesama petugas medis. Mereka biasanya menggunakan istilah-istilah yang tidak dimengerti oleh kalangan awam dengan tujuan menciptakan komunikasi yang efektif bagi sesama dokter.

Gomer

Istilah gomer diartikan dua kondisi. Kondisi pertama berupa kode dokter kepada orang lain untuk segera ke luar dari ruang gawat darurat. Kondisi kedua, kode agar pasien berusia lanjut dilarikan ke ruang gawat darurat.

Ilustrasi : Mungkinkah mesin gantikan dokter manusia? (sumber : huffingtonpost.com)

Bunker

Istilah yang digunakan para dokter saat merujuk pasiennya kepada dokter lain untuk dirawat.

Cowboy

Cowboy dikenal sebagai tokoh flamboyan yang biasa ditemui di daerah gersang sambil menunggangi kuda. Di dunia kedokteran, cowboy termasuk panggilan untuk seorang ahli bedah.

Kamu bisa baca selengkapnya di sini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.