Sukses

4 Langkah Mudah Bersihkan Rumah dan Segala Isinya dengan Jeruk

Tak perlu pembersih mahal untuk membersihkan rumah. Cukup gunakan jeruk, rumah Anda dijamin kinclong selalu

Citizen6, Jakarta - Ternyata tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk membersihkan rumah Anda. Ketimbang habiskan uang untuk perangkat pembersih kimia yang mahal, lebih baik gunakan alami yang tidak menimbulkan efek samping. Misalnya saja, dengan buah jeruk.

Dengan mengombinasikan jeruk serta cuka dan baking soda, Anda sudah bisa membersihkan rumah Anda dengan cara yang alami. Jeruk mengandung d-limonene yaitu pelarut alami yang membersihkan minyak dan kotoran serta membuat rumah Anda berbau segar.

1. Pembersih super dari jeruk

Langkah pertama, masukkan kulit jeruk dalam botol kaca dengan variasi pilihan berikut: kulit jeruk dengan daun mint, kulit jeruk dengan tangkai thyme, kulit jeruk dengan rosemary dan vanili, kulit jeruk dengan kayu manis, cengkeh, dan ekstrak almond.

Selanjutnya tuang cuka putih ke dalamnya dan diamkan campuran tersebut selama dua minggu. Setelah dua minggu, buang kulit jeruk. Encerkan campuran cuka dan kulit jeruk tersebut dengan air (perbandingannya antara 1:1 atau 1:2).

Tuangkan ke dalam botol semprot dan gunakan untuk membersihkan permukaan keramik, batu, porselen, marmer, dan granit. Yang harus Anda ingat, cairan pembersih ini sangat kuat dan dapat mengubah warna kayu. Karenanya pastikan untuk mengujinya pertama kali di benda yang tidak terpakai.

2. Pembersih noda membandel di pakaian

Caranya, gosok bagian ketiak maupun bagian lainnya yang memiliki noda membandel dengan campuran jus seperti di atas.

Untuk membersihkan noda tinta, sebaiknya segera setelah terkena tumpahan noda. Lalu segera cuci pakaian dengan air dingin.

Untuk menyingkirkan jamur dan noda karat pada pakaian, gunakan pasta jus lemon dan garam, lalu biarkan kering di bawah sinar matahari. Ulangi sampai hilang.

Untuk pemutih pakaian, campur bagian yang sama dari baking soda dan jus lemon, lalu gunakan untuk merendam pakaian.

3. Pembersih piring bernoda lemak

Tambahkan satu sendok teh jus jeruk atau lemon untuk deterjen piring cair untuk memberikan daya pembersih ekstra.

4. Pembersih sekitar rumah

Untuk membuat penyegar ruangan, gunakan jus lemon atau jeruk segar dan air dalam botol semprot.

Untuk membersihkan furnitur, gunakan setengah cangkir jus lemon atau jeruk dan satu cangkir minyak zaitun. Campuran ini juga dapat digunakan untuk membuat lantai kayu bersinar.

Untuk membuat lemari es tetap berbau segar, gunakan separuh jeruk agar bau tidak enak terserap.

Membersihkan microwave pun cukup mudah dengan menggunakan jeruk. Tempatkan setengah jeruk atau lemon dalam semangkuk air, letakkan di bagian dalam microwave. Panaskan selama tiga menit. Setelah itu, Anda akan mencium bau yang segar.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini