Sukses

Ladies, 6 Tips Ini Bisa Kamu Gunakan Untuk Melindungi Diri

Perempuan memang rentan menjadi korban kejahatan. Nah, 6 tips ini bisa kamu terapkan untuk melindungi diri dari tindak kejahatan

Citizen6, Jakarta - Perempuan memang kerap menjadi sasaran kejahatan. Anggapan bahwa perempuan adalah makhluk yang lemah membuat mereka menjadi sasaran empuk para penjahat.

Meski demikian, adalah sesuatu yang penting bagi perempuan untuk dapat melindungi dirinya apabila terjadi tindak kejahatan. Cara termudah, tentu saja membawa semprotan merica ke manapun. Namun selain itu, ada beberapa tips yang dapat diterapkan untuk melindungi diri. Ini dia.

1. Melumpuhkan penjahat

Adakalanya, penjahat nekat mendekati Anda. Jika ini terjadi, gunakan siku untuk menyerang penjahat. Siku merupakan titik paling kuat di tubuh manusia. Menyerang lawan dengan siku adalah cara mematikan melumpuhkan musuh dari dekat.

2. Sewaktu dirampok

Bila Anda dirampok dan perampok memaksa Anda menyerahkan dompet atau tas, jangan serahkan langsung. Jika dirasa Anda tak mampu membela diri, lempar dompet atau tas ke arah yang jauh. Perampok tidak akan melukai Anda jika sasarannya dari awal memang barang-barang berharga Anda. Melempar tas ke tempat yang jauh membuat Anda memiliki kesempatan untuk melarikan diri.

3. Sewaktu diculik

Bila Anda diculik dan dimasukkan dalam bagasi mobil, cara terbaik untuk meminta bantuan adalah dengan menendang lampu belakang. Setelah lampu belakang terlepas, keluarkan tangan Anda lewat lubang tersebut dan melambailah sampai ada yang melihat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sehabis berbelanja

4. Sehabis berbelanja

Kejahatan terhadap wanita banyak terjadi di area parkir setelah berbelanja. Ketika di dalam mobil, jangan cuma diam untuk mengecek ponsel atau melakukan apapun. Langsung jalankan kendaraan dan pergi dari tempat yang sepi. Beberapa kasus perampokan terjadi akibat wanita kurang waspada dan tidak segera pergi dari tempat parkir.

5. Di tempat parkir

Bila Anda memarkirkan mobil di tempat parkir yang sepi, sebelum masuk, perhatikan mobil Anda. Amati bagian dalam, kursi depan, dan belakang bila ada yang mencurigakan. Bila Anda pulang di malam hari dan tempat parkir begitu sepi, waspada dan perhatikan keadaan sekitar. Bila melihat orang mencurigakan, kembalilah ke dalam gedung atau cari bantuan.

6. Menggunakan lift

Selalu gunakan lift dibanding tangga darurat. Tangga darurat acap kali dimanfaatkan untuk tindak kejahatan, terlebih di malam hari. Namun demikian, di dalam lift Anda juga mesti waspada. Bila Anda sendirian di dalam lift dan melihat orang mencurigakan memasuki lift, segera keluar. Jangan ambil risiko.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini