Sukses

Dana Miliaran Rupiah Dihabiskan untuk Rawat Jasad Lenin

Biaya perawatan jasad Lenin membutuhkan biaya yang sangat mahal.

Citizen6, Jakarta Siapa yang tidak kenal Vladimir Lenin? Pemimpin Uni Soviet (sekarang Rusia) yang terkenal dengan sebutan "Bapak Komunis Rusia" ini penganut setia Karl Marx. Jasad sang pemimpin yang meninggal pada 1924 diawetkan dengan cara dibalsem. Perawatan jasad Lenin yang harus terlihat masih hidup ternyata menimbulkan polemik.

Biaya perawatan jasad Lenin membutuhkan biaya yang sangat mahal. Pada tahun 2016 ini, pemerintah Rusia harus mengucurkan dana sebesar 200.000 dollar AS, sekitar Rp 2,7 miliar demi merawat jasad Lenin.

Forum Liputan6

Akibat biaya yang mahal, seruan publik agar Lenin dikubur sebagaimana layaknya manusia, ketimbang dipajang dalam peti kaca gencar dilakukan di media sosial. Namun, pihak Kremlin belum menanggapi seruan tersebut.

Tubuh Lenin yang terbujur kaku dalam kotak kaca bersuhu minus 20 derajat celcius masih tersimpan di makam berbentuk mausoleum. Makam ini terletak di sisi salah satu tembok Istana Kremlin yang menghadap Lapangan Merah.

Ingin tahu kelanjutan artikelnya, silakan baca di sini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.