Sukses

Hari Kartini, SDN Joho Ngulek Sambal Kebodohan Massal

Di Sukoharjo, Jawa Tengah, puluhan siswi Kamis pagi, 21 April 2016 menggelar aksi nguleg sambel massal di halaman sekolah.

Citizen6, Jakarta - Banyak cara dilakukan untuk memperingati hari Kartini. Di Sukoharjo, Jawa Tengah, puluhan siswi Kamis pagi, 21 April 2016 menggelar aksi mengulek sambal massal di halaman sekolah. Beginilah cara puluhan siswi Sekolah Dasar Negeri Joho 2, Sukoharjo, Jawa Tengah, dalam merayakan hari Kartini.

Tak lupa para siswi mengenakan pakaian kebaya serta pakaian adat Jawa. Mereka juga membawa layah dan kertas berbagai tulisan yang merugikan negara untuk dijadikan sambal.

Selain menyanyikan lagu "Ibu Kita Kartini", dalam aksi massal bertema "Ngulek Sambel Kebodohan" ini mereka juga meneriakkan kata-kata antikorupsi, antikebohongan, antimenyontek, antikekerasan, dan lainnya.

Setelah diberikan aba-aba, mereka serentak mulai membuat sambal korek massal. Ratusan siswi mulai dari kelas 4 hingga kelas 6 tidak hanya mengulek sambal korek, kertas berbagai tulisan yang mereka bawa tersebut juga ikut mereka campur jadi satu bersama sambal korek.

Prastiwi andira, salah satu siswi kelas 6, mengaku senang mengikuti kegiatan Nguleg Sambel Kebodohan ini. Selain untuk memperingati hari Kartini, ajang ini juga bisa menjadi pembelajaran kepada dirinya agar tidak malas dan antikorupsi jika sudah besar.

Sementara itu, menurut Kepala Sekolah SDN Joho 2 Irsyad Zuhri, peringatan hari Kartini tahun 2016 kali ini dilakukan berbeda.

Siswi tidak hanya diminta memakai kebaya sebagai pakaian adat jawa, tapi juga melakukan aksi Ngulek Sambal Kebodohan.

Tema tersebut diangkat sebagai bagian dari usaha sekolah memberikan bimbingan praktik pembinaan ke siswi perempuan.

Pengirim:

Agung Bramantya

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.