Sukses

Universitas Ini Haruskan Mahasiswanya Tonton 20 Anime per Minggu

Universitas ini memberlakukan peraturan unik, yakni mahasiswa diharuskan menonton 20 episode anime per minggu

Citizen6, Jakarta - Bagi kebanyakan orang penyuka anime (kartun Jepang) dan manga (komik Jepang), dapat mempelajari anime dan manga secara serius mungkin sebuah kesenangan tersendiri. Namun, pernahkah Anda bayangkan apa yang sebenarnya mereka pelajari?

Seorang mahasiswa dari salah satu universitas di Jepang yang tidak sebutkan namanya, mengunggah silabus mata kuliah anime dan manga yang ia jalani. Dan apa yang tercantum di sana cukup membuat banyak orang geleng-geleng kepala.

Dalam silabus itu dijelaskan kalau mahasiswa nantinya akan mempelajari anime sebagai subjek dalam film dan seni, memeriksa tren dan menganalisa anime dan manga dari tahun 2000-an, maupun yang berusia lebih tua seperti Evangelion dan Gundam. Di sana juga dijelaskan bahwa mahasiswa akan membahas budaya moe, gim, fujoshi, cosplay, dan simbol dalam manga.

-

Yang cukup memberatkan, di silabus tersebut juga tertulis keharusan bagi mahasiswa menonton 20 lebih episode anime per minggu, membaca 10 buku atau lebih per bulan, maupun berpengalaman dengan budaya visual.

Perlu diingat bagi yang mengira tugas menonton 20 anime selama seminggu adalah mudah, tidak semua episode anime berdurasi 20-30 menit. Beberapa dari episode anime dapat menghabiskan waktu hingga satu jam. Dan lagi, karena tugas mahasiswa merupakan menganalisis anime, sudah tentu anime itu terpaksa ditonton berulang-ulang. Cukup berat, bukan?

Walau demikian, banyak netizen yang malahan berharap bisa menuntut ilmu di universitas tersebut.

"Pfft, saya menonton lebih dari 30 per minggu. Saya akan mendapatkan nilai A+ dengan mudah."

"Man, aku benar-benar ingin mengambil kelas itu!"

"Tunggu, 20 anime per minggu? Itu hampir tiga episode setiap hari!"

"Apakah mereka berlatih untuk olimpiade anime atau yang lain?"

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anime adalah animasi dari Jepang yang digambar dengan tangan maupun menggunakan teknologi komputer.
    Anime adalah animasi dari Jepang yang digambar dengan tangan maupun menggunakan teknologi komputer.

    Anime

  • Manga