Sukses

Panjang Jari Telunjuk Bisa Ungkap Orientasi Seksual Seseorang

Siapa sangka, panjang jari telunjuk dan jari manis ternyata dapat menunjukkan apakah seseorang itu gay, lesbian atau bukan

Citizen6, Jakarta - Kita semua tahu kalau anggota tubuh pria biasanya lebih panjang dari wanita. Para ilmuwan menyebut perbedaan antara kedua jenis kelamin ini sebagai sifat dismorfik seksual.

John Manning dalam buku pertamanya berjudul "Digit Ratio" menyatakan bahwa sifat dismorfik seksual juga dapat dilihat di tangan. Pada pria, jari telunjuk cenderung lebih pendek dari jari manis. Sedangkan pada wanita, jari telunjuk cenderung memiliki panjang yang sama atau sedikit lebih panjang dari jari manis.

Menariknya, John Manning juga melaporkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa panjang jemari seseorang ternyata juga dapat menunjukkan preferensi seksual atau ketertarikan seksual seseorang. Umumnya, kebanyakan pria memiliki jari telunjuk yang lebih pendek dari jari manis dan wanita sebaliknya atau hampir sama.

- 

 

Akan tetapi, beberapa peneliti menemukan bahwa pria gay cenderung memiliki rasio jari telunjuk lebih panjang daripada jari manis. Sedangkan pada wanita yang homoseksual (butchy), menunjukkan jari telunjuk lebih pendek ketimbang jari manisnya.

 

- 

Namun demikian, hasil penelitian tersebut belum dapat dijadikan pijakan. Sebab peneliti baru memberikan persentase kemungkinan orientasi seksual seseorang dari jari tangan. Perlu dikaji lebih lanjut apakah sidik jari, ukuran tangan, dan lainnya juga dapat menentukan kecenderungan ketertarikan seksual seseorang. Untuk lebih lengkapnya, hasil penelitian tersebut dapat dibaca di sini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.