Sukses

6 Budak Wanita Ini Sukses Ubah Status Sosialnya

Mereka berhasil mengubah tatanan sosial yang dulu seorang budak kini menjadi seorang permaisuri.

Citizen6, Jakarta - 1. Santa Batildis - Wanita Bangsawan Yang Dijual Sebagai Budak

Balthild atau dikenal sebagai SantaBatlidismerupankan sosok wanita yang hidup pada abad ke 7 diprancis. WanitaAscasina yang merupakan santo tersebut merupakan seorang budak sebelum menjadi permaisuri rajaClovis 11, rajaburgundy danneustria.

Sebelum menjadi seorang budak, Batildis merupakan sosok wanita berdarah bangsawan. namun ia dijual sebagai budak sejak remaja. Setelah menjadi permaisuri raja Clovis ke II, Balthild sempat bekerja untuk Erchinoald yang merupakan seorang kepala istana di Neustria.

Namun kepala istana Erdhinoald sempat ingin memperistri Balthild yang sayangnya nasib Balthild justru membawanya kepada raja clovis II. Raja Clovis II mengangkatnya sebagai ratu untuk melahirkan tiga putranya yang kelak ketiga putranya tersebut akan menjadi penerusnya.

Setelah beberapa abad Clovis memerintah, ia akhirnya meninggal. Tahta dan kepemimpinan yang ditinggalkan Clovispun diambil alih oleh Balthild selagi mempersiapkan putranya sebagai raja baru. Selama pemerintahan Balthild, ia melakukan banyak perubahan yang salah satunya yaitu menghapuskan praktek-praktek perdagangan budak dan memperjuangkan pembebasan anak-anak yang diperbudak dengan seluruh harta kekayaannya.

Tetapi diusianya yang semakin tua, Balthild akhirnya lengser dari kepemimpinannya dan memutuskan untuk menghabiskan masa tuanya dengan hidup membiara pada tahun 680. Pada abad ke 2 setelah kematiannya, Balthild dinashbihkan sebagai sato oleh Paus Nicholas 1.

​ Selengkapnya

Pengirim:

Hayato Savage 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini