Sukses

Hindari Menyentuh 9 Benda Ini saat Bertamu ke Rumah Orang Lain

Saat bertamu, apakah sopan kamu menyentuh benda tanpa sepengetahuan si empu rumah?

Citizen6, Jakarta Ketika bertamu ke rumah orang lain, apakah kamu menyentuh benda-benda milik si empu rumah? Rasa ingin tahu pasti muncul. Benda-benda yang ada di ruangan bisa jadi tidak kamu miliki atau baru pertama kali melihat benda tersebut. Namun, apakah sopan kamu menyentuh benda tanpa sepengetahuan si empu rumah?

Lain halnya, bila kamu berada di rumah saudara yang bebas menyentuh benda apa pun dan masuk ke kamar. Di rumah orang lain, kamu perlu menjaga etika kesopanan bertamu. Tidak sembarangan menyentuh benda-benda milik si empu rumah.

1.Kulkas

Kulkas menjadi benda pertama yang tidak boleh kamu sentuh saat bertamu. Benda ini bersifat privasi menyangkut kebutuhan primer penghuni rumah. Hindari menyentuh dan membuka kulkas, terutama menyentuh makanan dan minuman di dalam kulkas.

2.Hewan peliharaan

Jika si empu rumah punya hewan peliharaan, sebaiknya kamu harus bertanya terlebih dahulu bila ingin menyentuh hewan peliharaan. Kamu tidak tahu bagaimana respons hewan peliharaan saat disentuh orang lain selain si pemilik rumah.

Hewan peliharaan bisa saja sensitif dan berontak bila disentuh. Lebih membahayakan kalau hewan peliharaan pemilik rumah malah melukai kamu.

Ilustrasi Bertamu

3.Tangga

Jika kamar mandi tidak berada di tingkat atas rumah, sebaiknya kamu perlu menjauh dari tangga. Hindari rasa penasaran kamu naik ke tangga, kecuali diundang oleh pemilik rumah. Bukan tanpa sebab, kamu akan dicap tidak sopan naik bila melihat-lihat ruangan tanpa izin.

4.Tempat tidur

Jika pemilik rumah membawa kam ke sebuah apartemen studio yang ada tempat tidurnya, lebih baik kamu tidak duduk atau naik di atasnya. Tempat tidur termasuk benda pribadi yang tidak boleh disentuh tamu, kecuali diberikan izin oleh pemilik rumah. Kamu bisa mencari tempat duduk lainnya, seperti sofa atau kursi meja makan.

Ingin tahu kelanjutan artikelnya? Kamu bisa baca di sini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini