Sukses

Foto Kambing Kunjungi Perpustakaan Sentil Kuping Orang Indonesia

Foto satir beredar di media sosial Facebook dari akun Suara Nusa Tenggara. Dengan tagline yang satir, netizen terpancing untuk berkomentar.

Citizen6 Jakarta - Foto satir beredar di media sosial Facebook dari akun Suara Nusa Tenggara. Dengan tagline yang satir, netizen terpancing untuk berkomentar. Sebagian tertawa dan yang lainnya menanggapi serius.

Sebab foto ini disertai catatan yang menyentil kuping orang Indonesia, begini bunyinya: "Kenapa kambing yang menjadi pengunjung perpustakaan? Apakah masyarakat sudah bosan membaca di perpustakaan ataukah perpustakaan yang telah dibangun oleh dana daerah yang lepas dari pemeliharaan pemerintah daerah?" tulisnya.

Dalam foto itu, sekitar 5 ekor kambing tampak berkeliaran di Gedung Perpustakaan Daerah Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat. Tiga ekor di antaranya malah tampak melongo melihati pintu perpustakaan yang tertutup rapat.

Kondisi perpustakaan yang sepi dan hanya ada beberapa ekor kambing kemudian melahirkan asumsi, betapa orang Indonesia malas mengunjungi perpustakaan. Tentu berujung pada budaya minat baca orang Indonesia yang memang keterlaluan rendahnya.

Akan tetapi, berdasarkan penelusuran tim citizen6, foto yang beredar rupanya disertai dengan waktu dan tanggal pengambilan. Dari keterangan waktu yang memang sudah di-set di kamera, foto itu tertanggal 4/30/2016 pukul 12:01 waktu setempat.

Artinya, berdasarkan hitungan kalender, foto itu diambil pada hari libur kerja pemerintah, yakni hari Sabtu. Jadi kemungkinan besar, perpustakaan tersebut memang tutup dan dimanfaatkan warga sekitar untuk menggembala ternak.

Hanya karena bertepatan di Hari Pendidikan seperti hari ini, foto tersebut menjadi viral diperbincangkan. Entah ingin menyoal perihal rendah atau tingginya minat baca di Indonesia, yang pasti foto itu mengingatkan kepada kita bahwa kambing saja mau ke Perpustakaan, mengapa kita tidak.

Selamat Hari Pendidikan Nasional!

(War)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini