Sukses

Ini Reaksi Netizen Menjawab 'Perlukah Game Online Diblokir?'

Ikuti diskusi tentang polemik pemblokiran game online di Forum Liputan6.

Citizen6, Jakarta Netizen penggemar game bereaksi keras dengan rencana Kemenkominfo, Kemendikbud, dan KPAI memblokir 15 judul game online yang menurut mereka berbahaya bagi anak-anak. Mulai dari petisi terbuka di change.org dan mengungkap ketidaksetujuannya di media sosial, hingga sekelompok hacker (peretas) memprotes hal ini dengan mengubah tampilan situs web situs (deface).

Forum Liputan6 juga menjadi media netizen Sahabat Liputan6 untuk mengungkapkan pendapatnya tentang polemik game online. Dengan thread pembuka dari akun @guegamers, yang berjudul 15 Game yang Akan Diblokir oleh Kemendikbud, beragam pendapat dituliskan.

Firman Rhesa, melalui akun @Rhesa_69 mengungkapkan pendapatnya tentang sistem rating. Juga analogi tentang pengendara sepeda motor, sim dan pabrikan motor.

Tidak setuju , memblokir game itu tidak memecahkan masalah , intinya tinggal bagaimana orangnya saja , semua Game kan sdh ada "Rate" nya masing2...
Sama halnya dengan orang tua yg membiarkan anaknya mengendarai motor yg notabene anaknya masih di bawah umur , tdk punya SiM , apakah Pabrik Motornya yg salah? & apakah pemerintah juga akan "memblokir" pabrik motornya?
sabar

Pendapat keras juga dilontarkan Ardhi Indra Kusuma. Melalui akun @www_indrazone ia mengungkapkan analogi pisau dengan game online. Juga kaitan perilaku bermain game dengan kebiasaan merokok dan meminum minuman beralkohol.

Menurut saya, dampak negatif dari bermain game bukan kesalahan dari game tersebut, tapi lebih kepada pribadi masing2. Misalnya : ada sebuah pisau, jika pisau itu dipegang oleh koki maka pisau tersebut akan berguna untuk memasak, tapi jika pisau tersebut di pegang oleh penjahat maka pisau tersebut akan menjadi senjata.
Dibandingkan game, lebih banyak hiburan yg negatif, contohnya : Lokalisasi, Diskotik, Sinetron yg tidak mendidik, dll..
Tapi terserah kalian para petinggi Indonesia.. Blokir saja semuanya biar Indonesia menjadi negara primitif..!!

Apakah Sahabat Liputan6 juga memiliki pendapat tentang polemik game online ini? Silahkan mengungkapkan pendapat, baik pro-kontra, di Forum Liputan6 dengan meng-klik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Simak juga video tentang pemain gim cantik berikut ini : 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.