Sukses

6 Manfaat Menakjubkan Kulit Buah Delima bagi Kecantikan

Tidak banyak yang tahu, kulit buah delima juga mempunyai banyak manfaat bagi kecantikan. Apa saja?

Citizen6, Jakarta - Banyak yang mengetahui kalau buah delima memberikan banyak manfaat baik bagi tubuh. Tapi tahukah Anda kalau kulit buah delima juga memiliki banyak manfaat bagi kecantikan? Akan tetapi, sebelum digunakan, olah terlebih dahulu kulit buah delima menjadi bubuk. Berikut caranya.

Cara membuat bubuk kulit buah delima:

  • Potong kulit delima menjadi dua bagian.
  • Letakkan kulit delima pada piring atau kain yang bersih, jangan ditumpuk.
  • Jemur di bawah sinar matahari hingga seluruh cairan di dalamnya menjadi kering. Proses ini dapat memakan waktu hingga 2 hari atau lebih.
  • Setelah kering, tumbuk atau giling hingga jadi bubuk. Baru disimpan di wadah kedap udara.

Berikut manfaat dari kulit buah delima:

1. Mencegah keriput

Kulit delima memiliki zat yang dapat melindungi kulit wajah dari penuaan dini.

Cara pemakaian: ambil 2 sendok makan bubuk kulit delima, tambahkan susu, aduk hingga menjadi pasta. Oleskan pada wajah dan biarkan hingga kering. Setelah itu, basuh muka dengan air hangat. Lakukan dua kali dalam seminggu.

2. Sebagai pelembab alami

Kulit delima dapat mengembalikan keseimbangan kadar pH pada kulit. Selain itu, kandungan asam ellagic-nya juga dapat mempertahankan kadar kelembaban alami kulit.

Cara pemakaian: ambil bubuk kulit delima, campurkan dengan satu sendok yoghurt hingga berbentuk pasta. Oleskan pada wajah dan leher, diamkan 10 menit, setelahnya basuh muka dengan air dingin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menghilangkan Jerawat

3. Menghilangkan jerawat dan kulit kemerahan

Kandungan antioksidan dalam kulit delima dapat melindungi wajah dari kulit. Selain itu, kandungannya juga dapat mengempiskan jerawat yang tumbuh di wajah.

Cara pemakaian: ambil bubuk kulit delima, campur dengan air mawar atau sari lemon, tempelkan di wajah, terutama bagian yang berjerawat. Biarkan beberapa saat lalu basuh.

4. Cegah ketombe dan rambut rontok

Cara pemakaian: campur bubuk kulit delima dengan minyak rambut, oleskan pada akar rambut lalu pijat-pijat. Selanjutnya diamkan selama kurang lebih 2 jam, lalu keramas dengan sampo lembut.

5. Sebagai tabir surya

Cara pemakaian: campurkan bubuk kulit delima dengan krim kulit, oleskan ke bagian tubuh yang diinginkan, biarkan 20 menit sebelum keluar rumah.

6. Sebagai scrub wajah

Kulit delima juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati dari wajah.

Cara pemakaian: campur satu sendok makan gula merah dengan dua sendok makan bubuk kulit delima, tambah satu sendok madu dan satu sendok minyak nabati, aduk sampai menjadi pasta. Gosok dengan lembut dan pijat pada kulit wajah. Diamkan sejenak, basuh dengan air mengalir, tambahkan toner.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini