Sukses

Detik-detik TNI AL Gagalkan Perompakan Kapal

Dalam upaya menggagalkan perompakan tersebut, TNI AL menangkapi 9 orang pelaku perompakan di mana seluruhnya merupakan

Citizen6 Jakarta - Badan Kemanan Laut (Bakamla) yang bertugas melakukan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia memperoleh informasi tentang terjadinya perompakan terhadap sebuah kapal yang bergerak dari Singapura masuk ke wilayah Indonesia. Belakangan diketahui kapal yang dirompak adalah MV Hai Soon 12 yang terdeteksi berada di wilayah Tanjung Putting Kalimantan Selatan.

Informasi tersebut langsung disampaikan kepada pihak TNI AL, yang memiliki unsur di sekitar wilayah tersebut. KRI Untung Suropati-372 langsung melakukan pengejaran terhadap target operasi, akhirnya TNI AL berhasil menggagalkan perompakan pada, Senin (9/5).

Berdasarkan rilis yang dikirim ke email redaksi citizen6, kapal yang beranggotakan 21 ABK serta berbendera Singapura tersebut, sebelumnya diketahui bergerak dari Singapura menuju Dumai. Akan tetapi saat melintasi wilayah Selat Karimata, kapal tersebut hilang kontak. Akhirnya melalui data yang diperoleh dari Automatic Identification System (AIS), kapal tersebut terdeteksi di wilayah Perairan Tanjung Puting dengan nama yang sudah diubah menjadi KM AISO oleh para perompak.

Dalam upaya menggagalkan perompakan tersebut, TNI AL menangkapi 9 orang pelaku perompakan di mana seluruhnya merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). Ke 9 orang pelaku yaitu atas nama Mustofa (asal Buton), Alimudin (asal Buton), Ali (asal Buton), Anur (asal Bugis), Yanto (asal Buton), Andika (asal Buton), Moh Nurhadi (asal Tanjung Uban), Niko (asal Wakatobi), dan Agus (asal Aceh).

Rencananya para perompak tersebut akan memindahkan sebanyak 200 Kilo Liter Minyak muatan dari MV Hai Soon 12 ke kapal Malaysia M.T Marine Gas Oil. Saat berita ini diturunkan, MV Hai Soon 12, beserta sembilan orang pelaku perompakan yang diamankan di KRI Untung Suropati-372, saat ini berada di Surabaya, guna investigasi lebih lanjut.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.