Sukses

Cara Memainkan Kata agar Blog Laris Manis Dipesan Pengiklan

Citizen6, Jakarta Peran blogger di Indonesia makin diperhitungkan keberadaannya, terutama para pebisnis yang memiliki brand produk tertentu. Tingginya biaya iklan seringkali tak sebanding dengan keuntungan yang diraup menjadikan kekuatan tulisan produk ditayangkan lewat blog. Para pebisnis mulai mengundang blogger ikut serta mempromosikan brand produk.

Untuk meningkatkan kapabilitas tulisan bagi blogger, Forum Liputan6 bekerja sama dengan Komunitas Blogger Crony mengadakan workshop, “How to Attract Brands with Your Words" di SCTV Tower Senayan City pada Sabtu (30/4/2016). Martua Johanes Edward (Digital Marketing Expert & Marketing Head QLUE) memberikan penjelasan yang mudah diterima peserta workshop.

Rangkaian tulisan brand produk yang ditulis blogger mampu menginspirasi netizen. Kekuatan kata ternyata memberikan dampak positif bagi netizen yang membaca tulisan sang blogger.

Apa yang kamu pikirkan?

Community Meet Up, “How to Attract Brands with Your Words

Di era kekinian, seseorang ingin mengetahui tentang sesuatu hanya melakukan pencarian melalui mesin situs pencari. Orang bebas menentukan mau memilih yang mana, sesuai kebutuhannya. Tinggal ketik yang dicari di mesin pencari, maka apa yang dibutuhkan mudah didapat. Sebelum menulis blog, kamu perlu mempertimbangkan poin-poin berikut ini agar tulisan mencapai sasaran yang dituju.

  • Atensi: Bagaimana supaya ada 1000 orang mengalihkan pandangan ke tulisan blogger?
  • Minat: Bagaimana yang terjadi dari 1000 orang ada satu orang yang ingin tahu, karena kebutuhannya?
  • Pencarian: Satu orang ini akan mencari tahu.
  • Aksi: Lalu satu orang ini akan datang setelah mencari tahu.
  • Bagikan: Setelah mengetahui, satu orang ini akan membagikan pengetahuannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

"Apa yang kamu miliki?”

Apa yang kamu miliki?

Seorang blogger perlu mempertimbangkan apa yang ingin orang lihat dari diri pribadi masing-masing.  Hal ini termasuk dalam aktualisasi diri. Kamu dapat menulis tentang karakteristik pribadi dalam blog. Jika dikaitkan kualitas tulisan di blog, maka usahakan menulis yang berbeda dari yang ditulis oleh orang lain.

Community Meet Up, “How to Attract Brands with Your Words

Hal yang perlu dilakukan untuk membuat konten blog yang bagus.

  • Tulis konten asli: Kamu bisa membuat tulisan asli, bukan plagiat dari tulisan orang lain.
  • Tulis konten yang sesuai topik: Kamu bisa kolaborasikan isi tulisan di blog dengan keinginan brand yang bersangkutan.
  • Bersedia menjawab pertanyaan: Ketika kamu sudah berhasil membuat pembaca penasaran, semua pertanyaan dari pembaca dapat dijawab dengan baik.
  • Gunakan sudut pandang yang khas: Kamu bisa menggunakan panca indera untuk menghasilkan sudut pandang lain. Misal, saat mengulas produk ponsel. Brand produk biasanya senang bila ada yang menulis dari sudut pandang berbeda, seperti bagaimana berat ponsel saat dipegang, ringan atau berat.
  • Tulis konten yang singkat dan jelas: Sebagai blogger biasanya tidak basa-basi dalam menulis. Kalau  produk itu bagus, kamu harus tulis bagus.
  • Selalu perbarui isi blog: Agar blog kamu efektif, sebaiknya kamu selalu memperbarui tulisan yang ada di blog.

Ditulis oleh Aprillia Ekasari

Anggota Komunitas Blogger Crony

Ingin tahu kelanjutan artikelnya? Kamu bisa baca di sini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.