Sukses

Kisah Haru Wanita dengan Kondisi Langka yang Tak Punya Vagina

Joanna Giannouli mengalami kondisi medis yang langka dimana ia tidak memiliki vagina.

Citizen6, Yunani - Setiap perempuan pasti ingin memiliki keluarga bahagia dengan menjadi istri serta ibu dan dikaruniai anak. Namun, apa jadinya jika ada seorang perempuan yang dilahirkan tanpa vagina?

Seorang perempuan asal Yunani, mengalami kondisi medis yang langka dimana ia tidak memiliki vagina. Dilansir chosentrends.com, Senin (16/5/2016), Joanna Giannouli didiagnosa mengalami sindrom Mayer-Rokitansky-Kuster-Hauser (MRKH syndrome) atau yang biasa dikenal sebagai sindrom Rokitansky.

Sindrom Rokitansky merupakan suatu kondisi yang terjadi pada perempuan di mana organ reproduksi perempuan, terutama vagina tidak berkembang atau menghilang.

Ketika usia 14 tahun, Joanna merasa aneh karena periode menstruasi pertamanya tertunda. Orang tuanya pun khawatir dan segera membawanya ke dokter. Namun, ketika itu ia tidak ingin area intimnya disentuh, sehingga ia baru didiagnosa mengalami MRKH pada usia 16 tahun.

Joanna mengatakan, "Saya dan orang tua tidak memperbincangkan lebih banyak tentang hal itu selama lima tahun pertama. Saya tidak dapat berbicara tentang hal itu, saya merasa hancur dan sangat lemah. Ibu saya percaya dia mungkin telah melakukan sesuatu yang salah ketika hamil. Saya sudah menjelaskan kepadanya bahwa dia tidak melakukan sesuatu yang salah karena itu hanya masalah gen."

dok: chosentrends.com

Kondisi ini memang terjadi dan mempengaruhi satu dari setiap 4.500 kelahiran. Joanna pun berbagi kisah yang dialaminya kepada para pengguna jejaring sosial Facebook.

"Ini beban, seperti sesuatu yang tidak pernah kamu harapkan. Saya tidak bisa memiliki hubungan yang stabil selama bertahun-tahun, karena itu menghantui dan suatu hal yang mencuri kebahagiaan kamu, mentalitas kamu dan kesempatan kamu memiliki hubungan yang baik serta stabil. Ini juga membuat kamu berada dalam kekosongan besar yang tidak dapat diisi, jika terisi juga dengan kemarahan, rasa bersalah dan malu," tulis Joanna dalam akun Facebooknya.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.