Sukses

Begini 6 Tips Sukses Usaha Restoran

Usaha makanan dan minuman menjanjikan keuntungan dalam jangka waktu panjang. Namun terdapat tips-tips untuk membuatnya sukses. Seperti apa?

Citizen6, Jakarta - Usaha di bidang restoran memang sangat banyak diminati berbagai kalangan. Selain karena semua orang butuh makan dan minum yang berarti peluang besar untuk usaha restoran, keuntungan yang diperoleh dari usaha di bidang restoran pun terbilang cukup besar.

Namun begitu, karena banyak orang yang berminat untuk menekuni jenis usaha yang satu ini, maka persaingan pun menjadi semakin ketat. Di sinilah pemilik restoran membutuhkan tips sukses usaha restoran yang bisa membuat restorannya bisa bersaing dengan restoran lainnya atau bahkan menjadi restoran favorit di antara restoran lainnya.

Bagaimana cara agar restoran Anda bisa sukses atau bahkan menjadi restoran favorit? Berikut beberapa tips sukses usaha restoran yang mungkin bisa membantu anda dalam memajukan restoran yang ditulis @gudangsoftware di Forum Liputan6

1. Adaptasi dengan perubahan

Amati apa yang terjadi di lingkungan restoran Anda, misalnya jika di sekitar restoran Anda dibangun sebuah hotel baru, maka hotel baru dan para tamunya tersebut adalah prospek yang harus Anda masukkan dalam daftar target pasar restoran Anda. Atau jika ada momen-momen tertentu seperti Hari Raya Idul Fitri dan lainnya, maka segeralah persiapkan promosi marketing apa yang cocok untuk Anda terapkan di restoran Anda dalam momen tersebut yang bertujuan sebagai promosi dalam menjaring pelanggan baru.

2. Kenali kompetitor

Anda harus tau apa yang menjadi nilai lebih kompetitor restoran Anda. Di sini bukanlah bermaksud jahat atau melakukan sesuatu yang bertentangan dengan hukum atau norma dan agama. Anda hanya harus tahu apa nilai lebih kompetitor agar anda dan restoran Anda bisa terus berbenah. Buatlah analisa mengenai apa nilai lebih dari kompetitor restoran Anda, apakah harganya yang murah atau kualitas masakannya yang enak atau tempatnya yang nyaman dan bersih atau karena ada diskon tertentu yang dijalankan oleh marketing nya. Jika anda sudah mendapatkan kesimpulan atau jawabannya, maka segera lah ambil tindakan perbaikan untuk restoran Anda.

Simak empat tips lainnya dengan meng-klik tautan ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.